Rabu, 14/11/2018 23:13 WIB

Manfaat Perencanaan Keluarga yang Perlu Anda Tahu

Banyaknya persoalan dalam keluarga berhubungan dengan perencanaan yang tidak dilakukan sejak awal.

Betapa pentingnya peran KB karena bisa perlahan mengatasi masalah keluarga di Indonesia (Foto: Instagram)

Jakarta - Persoalan yang melingkupi ibu dan anak hingga masih menjadi pekerjaan rumah bersama. Hal itu disampaikan oleh Direktur Bina Kesertaan KB Jalur Swasta Badan Koordinasi Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) drg. Widwiono, M.Kes.

Menurutnya, jika merujuk pada data BKKBN sejak dicanangkannya program KB tahun 1970, KB mampu membatasi jumlah angka kelahiran secara nasional sampai dengan 80 juta kelahiran hingga saat ini.

Widwiono mengatakan betapa pentingnya peran KB karena bisa perlahan mengatasi masalah keluarga di Indonesia.

"Mulai dari tingginya tingkat kematian ibu dan anak, kemiskinan, status kesehatan perempuan Indonesia, kesehatan ibu dan anak (anemia), Jumlah anak stunting masih tinggi di Indonesia sebanyak 8. 976.656), dan jumlah kasus pernikahan anak masih tinggi.

Widwiono menilai keluarga sebagai konstitusi idealnya memiliki perencanaan keluarga. Dengan memiliki perencanaan keluarga, akan lahir generasi penerus yang bertumbuh-kembang secara optimal dan siap menghadapi tantangan zaman.

"Disamping tentu saja terjalinnya iklim pernikahan yang lebih kondusif, serta terciptanya kesejahteraan psikologis perempuan di dalam melakoni aneka peran sesuai tugas-tugas perkembangan yang ia jalani sepanjang hidupnya," ujar Widwiono.

TAGS : keluarga perencanaan KB




TERPOPULER :