Jum'at, 23/10/2020 18:26 WIB

Ini Pengakuan Dokter RS Medika Soal Jantung Novanto

Sepenglihatan dokter Toyib, Novanto tak mengalami luka serius.

Kondisi Tersangka E-KTP, Setya Novanto di rumah sakit setelah mobilnya nabrak tiang listrik

Jakarta - Dokter spesialis jantung di Rumah Sakit Medika Permata Hijau Mohammad Toyibi sempat memeriksa kondisi kesehatan Setya Novanto. Sepenglihatan dokter Toyib, Novanto tak mengalami luka serius.

Demikian disampaikan dokter Toyib saat bersaksi untuk terdakwa kasus dugaan menghalangi penyidikan e-KTP, dengan terdakwa dokter Bimanesh, di Pengadilan Tipikor Jakarta, Senin (9/4/2018).‎ dokter Toyibi diketahui sempat memeriksa Setya Novanto lantaran ada konsul pemeriksaan jantung Setya Novanto dari dokter Bimanesh sebagai dokter penanggung jawab pasien Setya Novanto.

Saat memeriksa, menurut dokter Toyibi, Setya Novanto dalam keadaan sadar dan bisa  komunikasi meski agak mengantuk. dokter Toyibi saat itu memeriksa menggunakan stetoskop dan melihat hasil EKG, gambar gelombang jantung yang tercetak dalam sebuah kertas‎.

"‎Saya periksa pasien sekitar 5-7 menit. Di permintaan konsum tidak disebutkan ada kegawatan. Termasuk di EKG juga tidak ada tanda kegawatan. Pasien bukan dalam kondisi darurat," ujar dokter Toyib saat bersaksi.‎

Saat memeriksa Novanto, kata dokter Toyib, dirinya ‎melihat ada luka lecet di kening kiri, seperti luka kebarut. Menurutnya luka berwarna merah itu hanya luka biasa.

"Saat saya masuk ruangan 323, disana ada dua perempuan. Terakhir ini saya tahu salah satunya adalah istri Setya Novanto.

Ada perban memang, tapi menyingkap jadi luka lecetnya itu keliatan. Perbannya bukan betulan, kayaknya hanya ditempelkan saja, cuma seperti dililit saja. Tidak ada benjolan sama sekali," ungkap dokter Toyibi.

Menurut dokter Toyib, pengecekan wajah merupakan bagian yang musti diperiksa. Kemudian, pemeriksaan dilanjutkan ke bagian dada.

Saat memeriksa bagian tersebut, lanjut dokter Toyib, didapati dada Setya Novanto tidak ada masalah. Hasil pemeriksan jantung pada Setya Novanto itu selanjutnya dituangkan dalam jawaban konsultasi. Disana, dokter Toyibi menulis hasil pemeriksaan jantung Setya Novanto tidak ada masalah.‎‎

"Hasilnya, jantung pasien tidak ada masalah," ucap dokter Toyibi.

Saat keluar dari ruangan, dokter Toyib sempat ditemui dokter KPK, Yohanes. Saat itu dokter Yohanes mengkonfirmasi apakah pasien Setya Novanto bisa dilakukan pemindahan pasca pemeriksaan jantung tersebut. Kepada dokter Yohanes, pemindahan dapat dilakukan lantaran tak ada masalah dengan jantung Novanto.‎

 

TAGS : KPK Setya Novanto e-KTP RS Medika




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :