Sabtu, 27/04/2024 06:28 WIB

4 Makanan Favorit Anda Ini Ternyata Mengandung Lemak Jenuh

Lemak jenuh ini biasanya dihasilkan oleh makanan-makanan yang merupakan produk dari hewan.

Lemak jenuh biasanya dihasilkan oleh makanan-makanan yang merupakan produk dari hewan (Foto: Wikimedia)

Jakarta - Lemak jenuh seringkali lebih dikenal orang dengan sebutan lemak yang jahat. Lemak inilah yang bisa membuat kesehatan Anda terancam. Pastilah jika Anda belum mengetahui perbedaan lemak jenuh dan lemak tak jenuh, anda akan mengatakan semua lemak berbahaya bagi tubuh. Padahal, hanya lemak jenuhlah yang bisa membuat Anda terserang banyak penyakit yang berbahaya.

Apakah Anda sudah tahu kalau mengonsumi lemak jenuh secara berlebihan dapat memberikan dampak buruk bagi kesehatan terutama jantung. Berikut 5 jenis makanan/minuman yang mengandung lemak jenuh:

1. Paha Ayam

Paha ayam mengandung lemak jenuh 3 gram per 28,35 gram. Sekira 3 kali lebih banyak dibandingkan dengan 1 sajian ikan salmon fillet. Paha ayam sangat mudah kita jumpai di gerai fast food.

2. Caffe Latte

Wah tantangan banget nih bagi Anda yang hobi ngopi. Ternyata secangkir caffe latte mengandung 7 gram lemak jenuh.

3. Butter

Kandungan lemak jenuh butter sebanyak 7 gram dalam satu sendok makan, lebih bnyak ibandingkan olive oil yang menganung 2 gram lemak jnuh per 1 sendok makan. Butter biasa dijadikan olesan untuk roti tawar.

4.Chesee Pizza

Anda penggemar pizza keju? Perlu diketahui alam satu slice pizza mengandung 4,5 gram lemak jenuh. Bayangkan kalau satu loyang pizza.
 
Nah, dari uraian di atas pasti sekarang Anda jadi makin tahu dong apa saja yang mengandung lemak jenuh lebih tinggi? Oya, meskipun ada beberapa makanan yang memang mengandung lemak jenuh, bukan berarti Anda tidak boleh konsumsi lho. Tapi coba kurangi frekuensi konsumsinya dan imbangi dengan konsumsi makanan kaya nutrisi seperti buah dan sayuran. Setuju?

KEYWORD :

makanan lemak jenuh kesehatan




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :