Sabtu, 27/04/2024 07:55 WIB

China Membalas Perlakukan Impor Amerika Serikat

Pengakuan Beijing atas tindakan balasan ini bertujuan sebagai peringatan bagi Washington.

Bendera kebangsaan China dan Amerika Serikat

Shanghai - Amerika Serikat dan China mulai saling "perang" perdagangan. Kali ini, China bikin balasan  dengan memberlakukan tarif impor terhadap barang AS kisaran Rp41,4 triliun.

Kementerian Perdagangan China mempertimbangkan tarif 15 persen untuk produk AS, termasuk buah kering, anggur, dan pipa baja serta 25 persen untuk produk daging babi dan aluminium daur ulang.

Kementerian Perdagangan China mengatakan, sedang mengumpulkan daftar 128 produk AS yang bisa dibidik jika kedua negara itu tidak mencapai kesepakatan tentang masalah perdagangan.

Pengakuan Beijing atas tindakan balasan ini bertujuan sebagai peringatan bagi Washington karena kedua belah pihak saling menentang dan sambil menunda mulainya perang perdagangan secara besar-besaran.

Kementerian Perdagangan mengatakan pemerintah akan menerapkan langkah-langkah dalam dua tahap, pertama ialah tarif 15 persen untuk 120 produk termasuk pipa baja dan anggur senilai Rp13,4 triliun dan kemudian tarif 25 persen pada Rp27,4 triliun daging babi dan aluminium.

"Kami bermaksud memberlakukan tarif pada impor AS tertentu untuk mengimbangi kerugian yang ditimbulkan terhadap kepentingan China dengan atas tarif impor baja dan aluminium," kata kementerian itu.

Mereka juga menyatakan akan mengambil tindakan hukum di bawah kerangka Badan Perdagangan Dunia (WTO) untuk menjaga stabilitas aturan perdagangan dunia. Namun, mereka juga berharap masalah itu diselesaikan melalui perundingan dengan AS. (Reuters)

KEYWORD :

Perang Dagang China Amerika Serikat




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :