Rabu, 21/11/2018 04:24 WIB

Amerika Bakal Berlakukan Hukuman Mati

Presiden Amerika Serikat itu memuji negara-negara yang menggunakan hukuman mati untuk memerangi narkoba

donald trump

Jakarta - Presiden Donald Trump secara resmi mengusulkan menghukum beberapa pengedar narkoba dengan hukuman mati dalam sambutannya atas krisis opioid Senin di Manchester, N.H.

Sebelumnya, Presiden Amerika Serikat itu memuji negara-negara yang menggunakan hukuman mati untuk memerangi narkoba, termasuk Indonesia. Kali ini ia pun ingin "bersikap keras" terhadap para pedagang obat terlarang tersebut.

"Jika kita tidak menjadi keras terhadap pengedar narkoba, kita membuang-buang waktu," kata Trump dilansir UPI.

"Dan tindakan keras itu termasuk hukuman mati," lanjutnya.

Dia mengatakan dia tidak mengerti mengapa hukuman mati digunakan untuk seorang pembunuh yang membunuh satu orang saja, tetapi tidak untuk pengedar narkoba yang akan membunuh ribuan orang selama masa hidup mereka.

Namun, Trump mengakui akan sulit untuk meyakinkan banyak orang Amerika bahwa hukuman itu layak dilakukan.

"Mungkin saja negara kita belum siap untuk itu dan saya bisa memahaminya, mungkin. Meski secara pribadi saya tidak bisa mengerti itu," katanya.

Namun pakar kesehatan masyarakat mengatakan hukuman yang lebih ketat bagi pengedar narkoba tidak membantu epidemi dan memperbaharui kebijakan anti-narkoba yang keras pada tahun 1980an.

"Kami tidak dapat mengeksekusi jalan keluar dari epidemi ini," kata Dr Andrew Kolodny, co-director dari Opioid Policy Research Collaborative di Brandeis University, kepada CNN.

"Berbicara tentang hukuman mati terdengar bagiku seperti langkah mundur."

Selain menargetkan pengedar narkoba, Trump mengatakan pemerintah sedang mempertimbangkan untuk menuntut perusahaan obat.

Dia mengatakan cara terbaik untuk mengalahkan krisis adalah menghentikan orang-orang dari kecanduan di tempat pertama.

Administrasi akan "memastikan hampir semua resep diganti oleh pemerintah federal mengikuti praktik terbaik untuk meresepkan.

"Kami akan memastikan kecanduan opioid tidak disubsidi oleh pembayar pajak Amerika," katanya.

Pidato Trump hari Senin adalah bagian dari upaya pemerintahnya yang sedang berlangsung untuk menghentikan penyalahgunaan opioid di Amerika Serikat, yang menewaskan sekitar 64.000 orang Amerika pada tahun 2016.

TAGS : Trump Narkoba Hukuman Mati




TERPOPULER :