Sabtu, 27/04/2024 11:18 WIB

Sudah Benarkah Konsumsi Makanan Anda Saat Hamil

Resah dengan pola makan saat hamil, ini faktanya.

Jakarta - Secara natural, karena Anda makan untuk Anda dan bayi, tubuh perlu menyerap lebih banyak nutrisi. Pastikan bahwa pola makan Anda mengandung nutrisi penting yang cukup untuk berdua.

Berikut adalah informasi yang sangat menarik, "otak janin mulai terbentuk pada hari ke 27 setelah pembuahan”. Artinya sejak mempersiapkan kehamilan, Anda sudah seharusnya makan makanan yang bergizi. Bukan kuantitasnya yang berlebihan, namun kandungan gizinya harus baik dan seimbang.

Untuk itu, Anda harus lebih jeli dalam memilih makanan selama kehamilan. Terlalu banyak makan makanan pedas bisa berbahaya bagi kesehatan janin lho. Berikut adalah makanan yang boleh dimakan saat hamil, seperti dilansir Boldsky.

1. Ikan berminyak

Oily fish atau ikan berminyak seperti salmon dan makarel, dipercaya bermanfaat untuk kehamilan. Bahkan sebuah studi oleh Universitas Southampton menemukan jika anak yang ibunya rutin mengonsumsi salmon selama hamil, lebih jarang menderita asma.

Namun, hati-hati, lebih baik batasi konsumsi ikan 2 kali seminggu, karena ikan bisa tercemar oleh merkuri dan mengandung polutan. Selain itu, tahan diri untuk mengonsumsi sushi ya Moms. Ikan mentah biasanya membawa parasit kecil yang bisa membayakan kehamilan

2. Produk susu

Produk susu sangat kaya akan kalsium. Wanita hamil perlu makan yogurt untuk memperkuat tulang.

3. Biji-bijian

Semua jenis biji-bijian sangat bergizi dan kaya akan serat. Mereka juga mudah dicerna dan rendah kalori.

4. Jus buah atau sayuran

Jus buah dan sayuran adalah minuman sehat, yang baik dikonsumsi selama kehamilan. Anda bisa membuat melakukan mix n` match dengan mencampur buah dan sayuran.

5. Buah segar

Apel, pisang, jeruk, pir adalah jenis buah-buahan yang sehat untuk Anda konsumsi. Namun, ada beberapa buah yang harus Anda hindari selama kehamilan, yakni pepaya dan nanas.

6. Salad buah dan sayuran

Selain segar, salad juga sangat bergizi dan sehat untuk tubuh. Mereka sarat dengan vitamin dan nutrisi yang dibutuhkan tubuh. Selain itu, makanan ini juga membuat Anda kenyang dan rendah kalori.

Sayur dan buah adalah komponen utama pola makan sehat bagi ibu yang sedang hamil. Disarankan untuk mengonsumsi setidaknya lima porsi sayur-sayuran dan buah-buahan berbeda tiap hari untuk mendapatkan aneka vitamin, mineral, serta serat.
 
7. Kacang-kacangan
Kacang-kacangan berperan dalam mencukupi kebutuhan serat ibu hamil, sehingga mencegah konstipasi dan hemoroid (wasir). Selain itu, kelompok makanan ini kaya akan kalsium, folat, zat besi, dan seng.

8. Makanan sumber karbohidrat
Gandum utuh kaya akan nutrisi, serat, vitamin E, dan selenium yang baik untuk perkembangan janin. Bahan ini bisa Anda dapatkan antara lain dalam oatmeal, roti gandum, pasta, ataupun nasi merah.

KEYWORD :

Ibu Hamil Kesehatan Makanan Bergizi




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :