Jum'at, 26/04/2024 10:43 WIB

Arkeolog Mesir Temukan Nekropolis Kuno di Kairo

Selama tiga bulan terakhir tim penggalian sudah menemukan sekelompok makam dan penguburan yang merupakan milik para imam dewa Mesir kuno Thoth.

Tengkorak di dalam situs pemakaman yang baru ditemukan di Tuna al-Gabal (Foto: Sky News)

Jakarta - Arkeolog Mesir menemukan sebuah nekropolis (kota kematian, Red) kuno berisi 40 peti batu mayit, patung kecil dan kalung dengan tulisan "Selamat Tahun Baru."

Menteri Barang Antik Mesir, Khaled El-Enany mengatakan penemuan di dekat Tuna al-Gabal, sebelah selatan Kairo, mencakup sejumlah besar poros penguburan yang berasal dari masa Firaun hingga era Ptoloma awal sekitar 305BC.

Situs ini berumur lebih dari 2.000 tahun dan diperkirakan akan memakan waktu lima tahun lagi untuk digali. Ia mengatakan, "Ini baru permulaan, kami akan segera menambahkan atraksi arkeologi baru ke Mesir Tengah," demikian dilansir dari Sky News, Senin (25/2)

Sekretaris jenderal Dewan Agung Purbakala, Mostafa Waziri mengatakan, "Pekerjaan evakuasi dijadwalkan berlangsung selama lima tahun dalam upaya untuk mengungkap semua penguburan di pemakaman."

Waziri mengatakan, selama tiga bulan terakhir tim penggalian sudah menemukan sekelompok makam dan penguburan yang merupakan milik para imam dewa Mesir kuno Thoth.

Makam tersebut juga berisi 13 penguburan, seribu patung lengkap dan ratusan pecahan lainnya. Empat toples canopic terbuat dari alabaster dengan tutup yang memiliki wajah keempat putra dewa Horus juga telah digali.

Waziri mengatakan, "Mereka berada dalam keadaan konservasi yang sangat baik. Mereka masih mengandung organ dalam mumi almarhum. Keranjang-kantong itu dihiasi teks-teks hieroglif yang menunjukkan nama dan nama pemiliknya."

Peninggalan Mesir magnet bagi wisatawan. Pihak berwenang berharap temuan baru dapat membantu menarik lebih banyak wisatawan setelah penggulingan mantan Presiden Hosni Mubarak pada 2011.

Jumlah wisatawan yang berkunjung ke negara tersebut naik 54% menjadi 8,3 juta pada 2017, masih di bawah 14,7 juta yang masuk pada 2010.

KEYWORD :

Arkeolog Mesir Barang Antik




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :