Senin, 24/09/2018 23:24 WIB

Lawan Predator Seks, Emma Watson Gelontorkan Rp19 Miliar

Selain pemeran Beauty and the Beast, Tom Hiddleston dan Keira Knightley juga terdaftar di halaman Go Fund Me, masing-masing menyumbangkan 10.000 poundsterling atau sekitar Rp190 juta

Emma Watson dan Robert Pattinson (foto: E!)

Jakarta - Salah satu aktor film seri Harry Potter, Emma Watson menyumbangkan satu juta poundsterling atau sekitar Rp19 miliar untuk melawan budaya menggangu, pelecehan dan impunitas. Donasi itu diserahkan setelah menghadiri acara penghargaan BAFTA Awards.

Selain pemeran Beauty and the Beast, Tom Hiddleston dan Keira Knightley juga terdaftar di halaman Go Fund Me, masing-masing menyumbangkan 10.000 poundsterling atau sekitar Rp190 juta

The Justice and Equality Fund diusung oleh wanita yang berkecimpung di dunia industri hiburan Inggris. Mereke bertekat mengumpulkan dana sekitar 2 juta poundsterling atau sekitar 38 miliar  untuk melawan pelecehan dan diskriminasi seksual.

Ada sekitar 200 aktris Inggris termasuk, Watson, Kate Winslet, Emilia Clarke dan bintang Dr Who Jodie Whittaker, juga ingin dimasukkan namanya ke sebuah surat terbuka yang menuntut diakhirinya pelecehan.

Mereka berdiri bersatu dengan gerakan Time`s Up dan mendorong wanita lain untuk menjadi bagian dari gerakan tersebut. Banyak nama industri terbesar juga menunjukkan aksi solidaritas mereka dengan mengenakan kain berwarna hitam dalam acara tersebut.

Surat tersebut, menyusul skandal seks produser Hollywood Harvey Weinstein. Ia mengatakan bahwa industri film dan TV Inggris memiliki peran besar dalam mempromosikan visi masyarakat yang setara.

"Kami percaya bahwa kita perlu menggunakan kekuatan kita sebagai komunikator dan konektor untuk mengubah cara masyarakat melihat dan memperlakukan kita," kata surat tersebut.

"Sangat mudah melawan pelecehan dan kekerasan seksual yang disebabkan oleh satu atau dua lelaki jahat, namun statistik di Inggris menunjukkan masalah yang lebih besar dan struktural. Masalahnya justru lebih sistemik," ujar Watson dalam sebuah wawancara bersama The Guardian.

BAFTA Awards sendiri membuktikan diri mendukung gerakan anti pelecehan seksual layaknya Golden Globes awal tahun lalu. Sebagian besar tamu undangan yang hadir tampak mengenakan pakaian serba hitam.

 

TAGS : Harry Potter Emma Watson BAFTA Awards




TERPOPULER :