Selasa, 12/12/2017 17:07 WIB

Mantan Politikus AS, John Anderson Meninggal Dunia

Pada tahun 1980, Anderson mencalonkan diri menjadi presiden, berada di urutan ketiga di belakang Ronald Reagan dari Partai Republik

Upi.com

Jakarta - Mantan Politikus Amerika Serikat, John Anderson dari Illinois, yang mencalonkan diri sebagai presiden pada tahun 1980, telah meninggal dunia di usia 95 tahun, Senin (3/12) waktu setempat.

Kabar duka tersebut datang pihak  keluarganya, yang mengumumkan kematian sang politikus melalui sebuah pernyataan. Namun dalam pengumuman tersebut tidak menyebutkan penyebab kematian Anderson.

Dilansir UPI, Anderson, yang lahir pada tahun 1922 dan dibesarkan di Rockford, Illinois, terpilih menjadi anggota Kongres pada tahun 1960. Dia bertugas dari tahun 1961-81 dan menjabat sebagai ketua Konferensi Republikan DPR.

Dia merupakan pengurus Partai Republik hingga tahun 1968, saat dia mendukung Undang-undang Perumahan Adil yang melarang diskriminasi rasial di perumahan. Dia meyakinkan beberapa rekan Republik untuk mendukung tindakan tersebut.

Pada tahun 1980, Anderson mencalonkan diri menjadi presiden, berada di urutan ketiga di belakang Ronald Reagan dari Partai Republik dan kemudian Presiden Jimmy Carter , seorang Demokrat.

Anderson juga pernah bertugas di Angkatan Darat selama Perang Dunia II dan bekerja sebagai pengacara sebelum karir politiknya, kembali ke hukum setelah menyelesaikan tugasnya di Kongres.

Pria asal Amerika itu meninggalkan seorang istri, lima anak dan 11 cucu.

TAGS : Jhon Anderson Amerika




TERPOPULER :