Selasa, 12/12/2017 17:05 WIB

5 Hal Sepele yang Bikin Kamu Sakit Kepala

Tanpa disadari, lima hal ini ternyata bikin kamu sering sakit kepala. Apa saja?

Ilustarasi gejala sakit kepala penderita Hipertensi (Foto: Nova)

Jakarta – Siapapun pasti pernah mengalami sakit kepala, setidaknya beberapa kali selama hidupnya. Akan tetapi, meskipun familiar, sakit kepala kerap terasa menyebalkan. Apalagi ketika sakit kepala menyerang, tubuh mau tidak mau harus diajak berkompromi dari berbagai macam kesibukan, karena sulit konsentrasi atau mengerjakan tugas.

Karena sakit kepala bukan penyakit yang ‘wah’, penyembuhannya pun relatif murah. Hanya dengan minum air, tidur beberapa jam, atau minum obat, sakit kepala akan reda berangsur-angsur.

Tapi adakalanya kondisi tidak selalu siap untuk meredakan sakit kepalamu. Bisa jadi kamu sedang berada di tengah-tengah aktivitas penting, atau justru jauh dari obat-obatan. So, sebaiknya kamu mengenali beberapa penyebab sakit kepala, agar terhindar dari penyakit tersebut. Mencegah lebih baik dari pada mengobati bukan?

Dikutip dari Bold Sky, inilah beberapa penyebab sakit kepala yang sering kali tidak kamu sadari:

  1. Konsumsi minuman beralkohol

Mengonsumsi minuman beralkohol memiliki dampak buruk terhadap tubuh dan pikiran dalam jangka panjang. Sehari setelah mabuk alkohol, biasanya kepala akan menunjukkan gejala cenat-cenut. Ini diakibatkan oleh tubuh yang mengalami dehidrasi.

  1. Posisi duduk

Coba perhatikan posisi tubuh kamu ketika bekerja. Posisi duduk yang salah, akan menghambat aliran darah ke otak, yang menyebabkan kamu menderita sakit kepala. Posisi duduk yang salah juga akan membuat kamu cepat pegal.

  1. Gelisah dan stres

Stres atau apapun yang membuat pikiran menjadi terbebani merupakan salah satu penyebab sakit kepala. Hal ini dikarenakan jumlah hormon kortisol yang ada di dalam tubuh meningkat lebih dari biasanya. Kortisol adalah hormon pemicu sakit kepala dan berbagai gejala negatif lainnya.

  1. Hipertensi

Penderita hipertensi mungkin agak akrab dengan sakit kepala. Sakit kepala pada penderita hipertensi terjadi karena tekanan darah menekan pembuluh arteri di kepala.

  1. Ketagihan kopi

Kamu penyuka kopi? Nah, ternyata kopi punya efek adiktif bagi penggemarnya. Ketika kamu memutuskan untuk berhenti minum kopi, dampaknya kamu akan merasa sakit kepala.

TAGS : Kesehatan Sakit Kepala Tips




TERPOPULER :