Jum'at, 26/04/2024 07:10 WIB

Swafoto Miss Irak-Israel Tuai Kecaman

Swafoto Miss Irak bersama Israel yang diunggah ke media sosial menuai beragam reaksi. Beberapa warganet geram. Namun, ada juga yang memuji kecantikan dua wanita yang berparas cantik itu.

Swafoto Miss Irak, Sarah Eedan bersama Israel, Adar Gandelsman

Nevada - Swafoto Miss Irak bersama Israel yang diunggah ke media sosial, menuai beragam reaksi. Beberapa warganet geram. Namun, ada juga yang memuji kecantikan dua wanita yang berparas cantik itu.

Miss Israel, Adar Gandelsman, mengunggah foto tersebut di akun Instagramnya yang menyebut Miss Iraq, Sarah Eedan, menakjubkan. Sejak berita ini diturunkan, foto tersebut sudah disukai ribuan orang

Sebelumnya, Eedan memposting ke akun Facebook-nya terlebih dahulu. Ia menceritakan perasaannya sebagai wanita Irak pertama selama 45 tahun mewakili Irak dalam kontes Miss Universe 2017 yang saat ini sedang berlangsung di Las Vegas, Nevada.

Menurut BBC, salah seorang YouTuber, Sabrina Bennoui mengomentari foto kedua kontestan Timur Tengah. Menurutnya swafoto itu tidak sesuai selera semua orang, terutama karena tidak ada hubungan diplomatik resmi antara Israel dan Irak.

Banyak di dunia Arab mengungkapkan kemarahannya setelah melihat foto tersebut. Seorang profesor yang berbasis di Amerika Serikat, Asaad Abukhalil, men-tweet, "Ratu kecantikan Irak dengan senang hati berpose dengan ratu kecantikan pendudukan dan kebrutalan."

Sebelumnya Eedan memposting ke Instagram miliknya mengatakan bahwa Gandelsman berusaha menciptakan citra keduanya sekaligus sebagai simbol harapan untuk perdamaian di antara negara mereka.

"Dia bertanya apakah saya ingin berfoto bersama, saya katakan kepadanya bahwa saya dengan senang hati membantu menyebarkan pesan tersebut. Tujuan foto itu adalah sebuah ekspresi harapan akan perdamaian dunia."

Eedan bersikap diplomatik terhadap mereka yang menolak tindakan damai tersebut. "Saya ingin meminta maaf kepada siapapun yang menganggap foto tersebut menyinggung tujuan Palestina karena ini bukan tujuan di balik jabatan tersebut, ini hanyalah seruan untuk perdamaian dan harapan untuk penyelesaian krisis," katanya.

Ofir Gendelman, juru bicara perdana menteri Israel, memuji foto tersebut, yang menggambarkannya sebagai pesan besar harapan untuk wilayah ini. Times of Israel berkomentar bahwa foto tersebut adalah tampilan koeksistensi yang tidak biasa yang berasal dari Timur Tengah yang terpecah. 

KEYWORD :

Irak Israel Miss Universe 2017 Nevada




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :