Sabtu, 22/09/2018 15:56 WIB

Pencalonan Indonesia Jadi Tuan Rumah Piala Dunia 2034 Disebut Merugikan

Seharusnya pemerintah dan PSSI mengkaji ulang keputusan tersebut, karena FIFA hanya mengakui lima federasi sepak bola dunia

Konferensi MBSI

Jakarta – Pencalonan Indonesia menjadi tuan rumah Piala Dunia 2034 bersama Thailand perlu dikaji ulang.

Menurut Ketua Umum Masyarakat Sepak Bola Indonesia (MSBI) Sarman El Hakim, keputusan yang dihasilkan oleh konsorsium ASEAN Football Federation (AFF) itu dianggap sangat merugikan secara politik, ekonomi, dan sosial budaya.

“Secara tidak langsung ini mengecilkan kemampuan bangsa Indonesia di mata dunia internasional,” kata Sarman lewat siaran pers, Jumat (6/10).

Sarman mengatakan sebelumnya Indonesia pernah mencalonkan diri sebagai calon tuan rumah Piala Dunia 2022, meski akhirnya FIFA menunjuk Qatar sebagai penyelenggara, mewakili negara-negara yang berada di bawah Asian Football Confederation (AFC).

Oleh karena itu, seharusnya pemerintah dan PSSI mengkaji ulang keputusan tersebut, karena FIFA hanya mengakui lima federasi sepak bola dunia, yakni Asian Football Confederation (AFC), Confederation Africaine de Football (CAF), Confederation of North, Central American and Caribbean Association Football (CONCACAF), Confederacion Sudamericana de Futbol (CONMEBOL), dan Union of European Football Association (UEFA).

“Menjadi penyelenggara Piala Dunia adalah salah satu pesan konstitusi, yaitu melaksanakan politik luar negeri bebas aktif. Dan, Indonesia adalah salah satu negara potensial yang memiliki keunggulan kooperatif dibandingkan negara lainnya, di kawasan Asia, Afrika, Amerika bahkan Eropa untuk menggelar pertandingan sepak bola terbesa di dunia,” ujarnya.

Sebelumnya, pertemuan delegasi federasi sepak bola ASEAN (AFF) pada Sabtu, September 2017 lalu menghasilkan keputusan, di mana Indonesia bersama Thailand akan mencalonkan diri sebagai tuan rumah Piala Dunia 2034. Keputusan ini pun sudah mendapatkan persetujuan dari Presiden Joko Widodo.

TAGS : Piala Dunia 2034 PSSI FIFA Indonesia-Thailand




TERPOPULER :