Jum'at, 26/04/2024 23:16 WIB

Program WISE Dorong Peningkatan Inklusi Keuangan Perempuan Indonesia

Ingin tingkatkan inklusi keuangan entrepeneur wanita di Indonesia PT Bank Commonwealth bekerjasama dengan Mastercard luncurkan program WISE

Division President, Indonesia, Malaysia & Brunei, Mastercard Safdar Khan (kiri) Ketum Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia (IWAPI) Nita Yudi dan President Director Commonwealth Bank Lauren Sulistiawati

Jakarta – Ingin tingkatkan inklusi keuangan entrepeneur wanita di Indonesia, PT Bank Commonwealth bekerjasama dengan Mastercard, luncurkan program WISE, yang ditujukan untuk memperkuat jaringan formal dengan menciptakan pertukaran pengetahuan dan kemampuan pengusaha wanita, pengembangan aplikasi WISE, dan mengembangkan penelitian dalam literasi dan inklusi keuangan. 

Pada awal tahun 2017, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mempublikasikan hasil riset literasi dan inklusi keuangan, yang menunjukkan bahwa literasi keuangan Indonesia berada di level 29,66%, sementara inklusi berada di angka 67,8%. 

Untuk itu Commonwealth Bank menggandeng Masterdcard untuk memberikan pemahaman terkait edukasi literasi keuangan, sekaligus memberikan akses ke layanan finansial, melalui jalur digital. 

“Melalui program WISE, kami berfokus pada pengusaha perempuan, karena memiliki pengaruh finansial yang lebih besar dalam kehidupan pribadi mereka. Saat ini, terdapat lebih dari 2.500 perempuan Indonesia yang telah mengikuti kelas WISE dan lebih dari 3.500 orang telah mengunduh digital platform WISE App untuk mendukung literasi keuangan perempuan Indonesia," jelas Lauren Sulistiawati, Presiden Direktur Commonwealth Bank.

Berdasarkan data dari International Finance Corporation, setengah dari perusahaan kecil menengah Indonesia dimiliki oleh perempuan, dan berkontribusi sebesar 9,1% terhadap pendapatan domestik bruto (PDB) negara.

Kolaborasi dua perusahaan yang memiliki kesamaan visi, nilai, dan komitmen jangka panjang terhadap ekonomi Indonesia yang dinamis dan inklusif. Melalui kerja sama ini, Commonwealth Bank dan Mastercard berharap dapat mempercepat perubahan dan peningkatan kualitas sumber daya untuk menghasilkan peningkatan inklusi keuangan yang nyata bagi perempuan Indonesia, khususnya para pengusawa wanita.

Kolaborasi ini menandai awal dari kolaborasi inklusi keuangan global antara Commonwealth Bank dengan Mastercard, kedepannya diharapkan dapat dijadikan contoh di negara-negara lainnya.

KEYWORD :

Bank Keuangan Commonwealth Mastercard




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :