Sabtu, 27/04/2024 11:20 WIB

Manfaatkan Pertumbuhan Pariwisata, Pemda Diimbau Dukung Koperasi dan UKM

Deputi Restrukturisasi Usaha, Kementerian Koperasi, dan UKM Yuana Sutyowati.

Jakarta - Pariwisata saat ini dinilai sebagai sektor unggulan dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi daerah. Peluang pertumbuhan pariwisata yang sedang terjadi itu dapat dimanfaatkan koperasi dan UKM.

Hal itu disampaikan Deputi Restrukturisasi Usaha, Kementerian Koperasi, dan UKM Yuana Sutyowati dalam acara "Workshop Pemberdayaan UMKM dalam Meningkatkan Pariwisata Daerah" yang di selenggaraan oleh Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI) Komwil VI Gorontalo, di Jakarta, Kamis (5/7/2017). 

Pemda diharapkan melakukan berbagai langkah-langkah untuk mendukung percepatan pertumbuhan pariwisata daerah. Salah satunya dapat dilakukan melalui peraturan daerah yang memudahkan masyarakat untuk mengelola usahanya.

"Pemerintah Daerah saatnya meningkatkan pelayanan serta penyediaan fasilitas yang memadai untuk para wisatawan dan menumbuhkan usaha pariwisata yang berbasis budaya lokal (kearifan lokal)," ungkap Yuana.

Selain itu, Yuana juga menekankan pentingnya pengembangan perekonomian Pemerintah Daerah sejalan dengan pengembangan budaya masyarakat yang berbasiskan kearifan lokal. Sebab, sinergi dan kerjasama antar Pemerintahan Pusat dan Pemerintah Daerah menjadi aspek penting sehingga pembangunan pariwisata daerah mendapat dukungan dari berbagai pihak secara terintegrasi.

"Pemda memberikan perhatian terhadap penguatan kelembagaan masyarakat baik kelompok maupun usaha produktif, antara lain; badan hukum koperasi dan badan usaha yang memiliki aspek legalitas," terang dia.

 

KEYWORD :

UKM daerah wisata




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :