Sabtu, 27/04/2024 06:53 WIB

Hidangan Lebaran ini Hanya Bisa Kamu Jumpai di Indonesia

Inilah beberapa menu khas lebaran yang hanya bisa kamu jumpai di Indonesia

Ketupat sayur

Jakarta – Merayakan Hari Raya Idul Fitri rasanya tak pas kalau belum menyajikan hidangan khas. Khususnya di Indonesia, ketupat adalah salah satunya. Makan ketupat bahkan menjadi fardhu ‘ain (red, wajib) saat lebaran tiba.

Nah, kali ini kita akan melihat beberapa menu khas lebaran yang hanya bisa kamu jumpai di Indonesia. Apa saja?

  1. Ketupat

Ketupat dan lebaran sudah layaknya saudara kembar. Ketika bilang lebaran, ya pasti ada ketupat. Saking identiknya lebaran dengan ketupat, kamu dapat menjumpai simbol-simbol berbentuk ketupat di penghujung Ramadan, sebagai penanda bahwa hari raya telah dekat. Bahkan penjual bungkus ketupat akan membanjiri pasar saat menjelang Hari Raya.

Oh iya, ketupat terbuat dari beras dan dibungkus menggunakan daun kelapa yang masih muda. Biasanya dipasangkan dengan opor ayam, sop ayam, atau gule.

  1. Opor Ayam

Selain ketupat, opor ayam juga jarang absen dari meja makan saat Hari Raya. Pasangan opor ayam dan ketupat sudah seperti Micky Mouse dan Minnie Mouse, atau Doraemon dengan Nobita.

  1. Rendang

Jika bosan dengan opor ayam, Rendang juga bisa menjadi pilihan saat menyambut lebaran. Rendang bisa dipasangkan dengan nasi atau ketupat. Sesuai selera deh pokoknya.

  1. Sambal Goreng Kentang Ati Ampela

Ketupat sudah, opor ayam atau rendang sudah, nah kali ini harus dilengkapi dengan sambel ati kentang ampela. Sajian yang terbuat dari kentang potong dadu dan hati sapi potong kecil-kecil ini memiliki cita rasa pedas yang menggugah selera.

Itulah beberapa sajian khas lebaran yang banyak kamu jumpai di Indonesia. Jadi, kamu sudah makan menu apa saja lebaran kali ini?

KEYWORD :

Kuliner Lebaran Ketupat Makanan




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :