Jum'at, 26/04/2024 11:13 WIB

INTERNASIONAL

Ali Khamenei Larang Irak Percayai Amerika

Perdana Menteri Irak tiba di Teheran pada Selasa siang langsung dari Riyadh, di mana mengadakan pembicaraan dengan pejabat tinggi Saudi termasuk Raja Salman

Perdana Menteri Irak, Haider al Abadi tiba di Teheran pada Selasa (20/6) (Foto: Financial Tribune)

Jakarta - Pemimpin Revolusi Islam Ayatollah Ali Khamenei mengatakan kepada Perdana Menteri Irak, Haidar al Abadi tidak mempercayai orang Amerika karena Washington dan sekutunya menentang persatuan dan kemerdekaan Irak.

"Ada yang perlu waspada dalam menghadapi orang Amerika dan tidak mempercayai mereka sama sekali karena AS dan antek-anteknya menentang kedaulatan, identitas dan kesatuan Irak," kata Pemimpin dalam sebuah pertemuan di Teheran.

Perdana menteri Irak tiba di Teheran pada Selasa siang langsung dari Riyadh, di mana mengadakan pembicaraan dengan pejabat tinggi Saudi termasuk Raja Salman.

"Alasan mengapa orang Amerika melawan kekuatan rakyat adalah karena mereka ingin Irak kehilangan penyebab penting dari pengaruh tersebut. Jangan percaya orang Amerika sama sekali, mereka menunggu kesempatan melepas pukulan mereka (ke Irak)," kata Ali Khamenei dikutip Tehran Time pada Rabu (21/6)

Juga, Ayatollah Khamenei menasihati Perdana Menteri Irak mengizinkan Amerika memasuki Irak dengan dalih untuk melatih pasukan Irak. "Mereka (orang Amerika) seharusnya tidak diberi kesempatan, dan pasukan Amerika tidak boleh masuk Irak dengan dalih pelatihan (pasukan Irak) atau masalah lainnya," tambahnya 

Pemimpin lebih lanjut mengatakan bahwa tidak ada keinginan AS dan sekutu-sekutunya untuk melawan teroris di wilayah tersebut. "Amerika dan beberapa negara patuh di wilayah ini tidak bertujuan untuk mencabut Daesh (ISIS) karena Daesh bangkit dari dukungan dan uang mereka."

KEYWORD :

Ali Khamenei Irak Amerika Serikat




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :