Jum'at, 26/04/2024 15:27 WIB

INTERNASIONAL

Pemimpin ISIS Dikabarkan Tewas di Suriah

Baghdadi dikabarkan tewas saat memimpin pertemuan para pemimpin ISIS yang sedang mereka rencanakan.

Abu Bakr al-Baghdadi (Foto: Financial Tribune)

Jakarta - Moskow mengaku pada Jumat (16/6) pasukannya membunuh pemimpin ISIS, Abu Bakr al Baghdadi dalam serangan udara di dekat kota Raqqa di Suriah, bulan lalu. Kementerian Pertahanan Rusia melalui halaman Facebook mengatakan, Baghdadi tewas saat memimpin pertemuan para pemimpin ISIS yang sedang mereka rencanakan di Suriah.

"Pada 28 Mei, setelah pesawat tak berawak digunakan untuk memberikan informasi mengenai tempat dan waktu pertemuan para pemimpin ISIS, antara pukul 00:35 dan 00:45, Angkatan Udara Rusia melancarkan serangan ke titik komando di mana para pemimpin berada, "Kata pernyataan tersebut.

Meski demikian, tidak ada konfirmasi independen awal bahwa Baghdadi terbunuh. Koalisi militer yang dipimpin Amerika Serikat mengatakan, tidak dapat mengkonfirmasi kematian  Baghdadi, dan beberapa pejabat Irak mengatakan kepada Reuters bahwa mereka skeptis.

Dikutip Financial Tribune pada Sabtu (17/6), Pemimpin ISIS yang tertutup itu sering dilaporkan terbunuh atau terluka sejak mengumumkan sebuah kekhalifahan untuk menguasai semua Muslim dari sebuah masjid di Mosul pada  2014.

 

 

KEYWORD :

ISIS Abu Bakr al Baghdadi Rusia




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :