Sabtu, 27/04/2024 01:49 WIB

Mendagri Tjahjo dan Ketua Pansus RUU Pemilu Saling Puji

Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo dan Ketua Pansus RUU Pemilu Lukman Edy saling sanjung.

Mendagri Tjahjo Kumolo dan Ketua Pansus RUU Pemilu Lukman Edy

Jakarta - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo dan Ketua Pansus RUU Pemilu Lukman Edy saling sanjung. Tjahjo mengapresiasi sikap Lukman dalam memimpin rapat Pansus RUU Pemilu.

Tjahjo mengatakan, sejak awal rapat hingga forum lobi selesai, Lukman disebut konsisten dalam memimpin rapat Pansus RUU Pemilu.

"Saya mengapresiasi Ketua Pansus dan pimpinan yang sejak awal membuka rapat ini tetap konsisten melakukan musyawarah," puji Tjahjo, dalam kesempatan rapat Pansus RUU Pemilu, di Gedung DPR, Jakarta, Rabu (14/6).

Dalam kesempatan itu, Tjahjo juga meyakini, seluruh fraksi di Pansus RUU Pemilu bakal mengikuti kebijakan partai dalam mengambil keputusan terkait sejumlah isu krusial yang masih dalam perdebatan.

"(Pansus RUU Pemilu) Ini menyangkut hidup dan matinya partai politik di Pileg 2019. Maka saya meyakini akan mengambil kebijakan berdasarkan garis keputusan fraksi dan partai," kata Tjahjo.

Tjahjo juga berharap, agar forum lobi terus dilakukan guna menemukan titik temu terkait lima isu krusial yang hingga saat ini masih dalam perdebatan.

"Semangat lobi terus menerus dilakukan, baik sesama pimpinan fraksi, sesama Sekjen partai, sesama Ketum partai," terangnya.

Usai Tjahjo menyampaikan pandangan dari pemerintah, Lukman dari meja pimpinan Pansus RUU Pemilu juga melayangkan pujian terhadap mantan Sekjen PDI Perjuangan itu.

Kata Lukman, apa yang dijabarkan Tjahjo merupakan harapan dari seluruh fraksi yang ada di DPR. "Sebenarnya, apa yang disampaikan Pak Menteri itulah tadi yang mau saya sampaikan. Apa yang pak Menteri sampaikan itulah sebenarnya yang ada di dalam hati kami," kata Lukman.

Menurutnya, hal itulah yang membedakan antara politikus senior dengan junior. "Itulah bedanya kita dengan pak menteri sebagai politisi senior. Kita belum lahir saja pak menteri sudah jadi politisi," tuturnya.

Diketahui, hingga saat ini pembahasan RUU Pemilu masih berlangsung alot. Lima isu krusial menjadi perdebatan panjang antara fraksi di DPR dan pemerintah. Lima isu krusial tersebut adalah, soal ambang batas pencalonan Presiden, ambang batas parlemen, metode konversi suara ke kursi, alokasi kursi ke dapil, dan sistem pemilu.

KEYWORD :

RUU Pemilu Pemilu 2019 Presidential Threshold Pemerintah




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :