Sabtu, 27/04/2024 00:33 WIB

Kabar dari Spanyol

Inilah Pasar Tradisional Ala Madrid

Di sekitar gedung Mercado de San Miguel juga ada pedagang pedagang liar dan peminta-minta, namun jumlahnya hanya satu-dua.

Pasar Mercado de San Miguel

Madrid - Ternyata, di kota besar dan modern seperti Madrid, juga terdapat pasar yang mirip pasar tradisional di negara berkembang. Tempat yang menyediakan berbagai kebutuhan dapur dan jajanan pasar ini ramai dikunjungi warga spanyol karena harganya lebih murah dibanding super market dan pusat perbelanjaan besar.

Namanya adalah Mercado de San Miguel. Lokasinya berada di dekat Plaza Mayor, tepatnya di sebelah barat alun-alun kota Madrid terebut. Posisi yang strategis ini membuat warga mudah mendatanginya.

Berbeda dengan pasar tradisional negara berkembang, Mercado de San Miguel. terlihat rapi. Tempatnya berupa bangunan tertutup dengan diding kaca seluas kira-kira seribu meter persegi. Ratusan stan berada di dalam bangunan tersebut yang ber-AC.

Saat Jurnas berkesempatan memasuki pasar ini pada Senin (22/5/2017), suasana pasar yang berdiri sejak 1915 ini dipenuhi pengunjung. Padahal pada jam kerja dan bukan akhir pekan. Bisa dibayangkan berjubelnya pengunjung di hari libur.

Di tempat ini, dijajakan berbagai kebutuhan dapur seperti sayur-sayuran, daging, ikan, buah dan sebagainya. Juga makanan ringan dan ragam roti dan  kue basah dan kering serta minuman pasaran yang disukai warga Spanyol. Kopi juga ada. Harganya ramah kantong, mulai dari satuan euro.

Warga Madrid atau turis yang tiba-tiba lapar saat nongkrong di Plaza Mayor, juga bisa bergeser sedikit ke Mercado. Tentu akan lebih ngirit dibanding membeli kopi atau makanan ringan di dalam area seperti alun-alun tempat nongkrong yang terkenal di Ibukota Spanyol tersebut.

Namun tidak semua suasan Mercado de San Miguel berbeda dengan pasar tradisional di negara berkembang. Di sekitar gedung Mercado de San Miguel juga ada pedagang pedagang liar dan peminta-minta. Namun jumlahnya hanya satu-dua karena polisi keamanan Madrid langsung sigap mengusir jika melihat mereka.

Polisi Madrid, memang ketat menjaga kenyamanan dan ketertiban Ibukota Spanyol ini. Termasuk di area Mercado de San Miguel. Namun kewaspadaan diri tetap harus dijaga, karena copet tetap bisa ada dimana saja, terutama di keramaian.

KEYWORD :

Mercado de San Miguel Madrid KBRI Madrid




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :