Sabtu, 27/04/2024 11:15 WIB

Siap-Siap, Ini Jadwal Mudik Gratis Kemenhub

Tahun ini, sebanyak 208.435 pemudik dari DKI Jakarta akan diangkut melalui jalur darat dan laut, ke berbagai daerah.

Ilustrasi mudik

Jakarta - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) kembali menyelenggarakan mudik gratis. Tahun ini, sebanyak 208.435 pemudik dari DKI Jakarta akan diangkut melalui jalur darat dan laut, ke berbagai daerah.

"Ada kenaikan jumlah pemudik yang kami gratiskan tahun ini sebesar 50 persen. Tahun lalu kan hanya 132.943," kata Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, di Jakarta, Kamis (18/5).

Tidak hanya penumpang orang, mudik gratis untuk motor juga mengalami peningkatan. Jika tahun lalu hanya 17.000 motor yang diangkut dengan kereta dan truk, tahun ini bertambah jadi 44.000 motor, dengan menggunakan tambahan moda laut.

Sementara mengenai jadwal keberangkatan, Menteri Budi menjelaskan ada perbedaan antara jadwal berangkat truk pengangkut motor, dengan bus penumpang. Bus akan diberangkatkan pada 22 Juni 2017, sedangkan truk sehari sebelumnya, yakni 21 Juni 2017.

Adapun 29 kota tujuan mudik gratis Kemenhub tahun ini antara lain, Cirebon, Kuningan, Garut, Tasikmalaya, Ciamis, Tegal, Pekalongan, Pemalang, Purwokerto, Semarang, Demak, Kudus, Pati, Jepara, Blora, Magelang, Yogyakarta, Klaten, Salatiga, Purwodadi, Boyolali, Solo, Wonosari, Wonogiri, Sragen, Cilacap, Kebumen, Wonosobo, Temanggung.

Untuk pendaftaran mudik gratis, Menhub mengatakan dapat melalui registrasi online, yang dapat diakses di www.mudikgratis.dephub.go.id, dan via offline dengan mendatangi pos, stasiun atau pelabuhan yang telah ditunjuk.

KEYWORD :

Kemenhub Mudik Gratis Ramadhan




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :