Jum'at, 24/03/2017 09:06 WIB

Eiitt, Masalah Pajak Fahri Hamzah dan Fadli Zon Juga Disebut dalam Persidangan

Nama pengacara Egi Sujana juga disebut.

Handang Soekarno (IST)

Jakarta - Selain artis Syahrini, nama Wakil Ketua DPR RI, Fah‎ri Hamzah dan Fadli Zon juga disebut dalam sidang lanjutan perkara suap pajak dengan terdakwa Bos EK Prima Ekspor Indonesia, Rajamohan Nair. Nama Politikus Partai Gerinda dan Politikus PKS itu disebut lantaran diduga bermasalah dengan laporan pajaknya.

Hal itu mengemuka saat Handang Soekarno bersaksi di Pengadilan Tipikor Jakarta, Senin (20/3/2017). Dua nama itu disebut setelah sebelumnya jaksa KPK menunjukan dan mengkonfirmasi kepada Handang prihal bukti sadapan komunikasi lewat WhatsApps antara Handang dengan ajudan Dirjen Pajak Ken Dwijugiasheadi bernama Gondres Andreas.

Komunikasi itu sendiri terjadi pada bulan November. Handang saat itu diketahui menjabat sebagai Kasubdit Bukti Permulaan Pajak Direktorat Penegakan Hukum Ditjen Pajak Kemenkeu. Selain Fahri Hamzah dan Fadli Zon, nama pengacara Egi Sujana juga disebut. "Ini ada WA pada 7 November, di sini ada nama-nama seperti Pak Egi Sujana, Fadli Zon, Fahri Hamzah. Ini kaitannya apa?" tanya Jaksa KPK, Moh Takdir Suhan kepada Handang yang duduk di kursi saksi.

Merespon pertanyaan itu, Handang mengklaim tak mengingatnya. "Saya tidak ingat itu," jawab Handang.

Pun demikian, Handang mengaku dirinya banyak mendapatkan data wajib pajak yang diduga bermasalah dari kantor wilayah seluruh Indonesia. Hal itu mengingat posisinya selaku selaku Kesubdit Bukti Permulaan Pajak Direktorat Penegak Hukum Ditjen Pajak Kemenkeu.

Handang pun mengaku data tersebut dilaporkannya ke Dirjen Pajak, Ken. Pelaporan itu dilakukan setelah dilakukan penelaahan. "Semua bukti permulaan dari kanwil masuk ke saya. Habis itu saya laporkan ke Dirjen," ungkapnya.

Dalam sidang, jaksa juga membeberkan bukti dokumen terkait data-data wajib pajak yang bermasalah dari kanwil seluruh Indonesia.‎ Dokumen itu sebelumnya disita saat penyidik KPK menggeledah rumah Handang Soekarno di Jakarta, beberapa waktu lalu.

TAGS : Dirjen Pajak Ken Dwijugiasteadi Handang Soekarno




TERPOPULER :

TERKINI

Penderita Kanker Ini Terharu, Saat Beyonce Telepon Video

Penyakit yang dideranya, menjadi perhatian rekan sekolahn...

Kumpulan Lawyer Bentuk Tim Anti Kecurangan Pilkada

Tim yang beriai para lawyer secara khusus ini akan mengan...

Kata Fahri, KPK Preman Kampung

Meski disebut-sebut dalam kasus suap pajak, Wakil Ketua D...

Negara-Negara Ini Kibarkan Bendera Inggris Demi Tunjukkan Kepedulian

Selain itu, beberapa aksi kemanusiaan lain tengah dijalan...

Setya Novanto Panik Ditanya Kasus e-KTP

Ketua DPR Setya Novanto (Setnov) mulai panik dan geram ke...

Temui Aksi, Anies Tak Klarifikasi Soal Over Budgeting

Anies dinilai tidak memberikan klarifikasi terkait over b...