Jum'at, 26/04/2024 13:43 WIB

Bekas Menteri Jokowi Kritisi Pengembangan Properti Tak Pro Rakyat

Ketika infrastruktur jalan dan akses transportasi hendak dibangun, ternyata sudah ada lokasi pengembangan properti yang dilalui jalan tersebut.

andrinof_chaniago

Jakarta - Andrinof Chaniago, Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas yang telah diberhentikan Presiden Joko Widodo ikut bersuara soal pesatnya pembangunan jalan dan akses transportasi yang diiringi perkembangan bisnis properti.

Ia berharap, bisnis properti jangan sampai membuat rakyat sengsara dan jangan hanya menguntungkan golongan tertentu saja.

"Kemajuan bisnis properti tidak boleh membuat harga rumah makin tidak terjangkau oleh rakyat," ujar Andrinof dalam ciutannya, Sabtu (25/2/2017).

Pakar kebijakan publik dari Universitas Indonesia ini juga menyindir iklan properti di media yang jelas-jelas hanya menyasar kelas menengah ke atas, jauh dari jangkauan keuangan rakyat. Tak hanya soal kepemilikan properti, ia juga mengkritisi pembangunan infrastruktur jalan dan transportasi yang melibatkan pihak swasta namun tidak berorientasi pada kesejahteraan rakyat.

"Pembangunan infrastruktur transportasi tak boleh hanya menguntungkan pebisnis properti dan membuat harga rumah tak terjangkau oleh rakyat," tegasnya.

Sejumlah kalangan mengendus kecenderungan bahwa pembangunan infrastruktur transportasi yang dilakukan pemerintah memiliki kaitan erat dengan bisnis properti. Ketika infrastruktur jalan dan akses transportasi hendak dibangun, ternyata sudah ada lokasi pengembangan properti yang dilalui jalan tersebut. Akibatnya, harga jual properti melambung dan tak akan terjangkau kantong rakyat.

KEYWORD :

Andrinof Chaniago Properti Jokowi




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :