Jum'at, 26/04/2024 23:43 WIB

NASA Klaim Temukan Tiga Planet Layak Huni

Dan penemuan ini bisa menjadi petunjuk untuk menemukan bumi kedua, walau membutuhkan waktu yang lama.

Planet layak huni menurut NASA

Selama beradab-abad terdapat misteri yang belum terpecahkan oleh umat manusia di dunia ini, yakni apakah tujuh miliar penduduk planet biru ini benar-benar sendirian, atau ada kehidupan lain di luar sana? Hal ini sedikit terjawab dengan adanya pengumuman dari ilmuan NASA yang telah menemukan sistem tata surya baru yang memiliki tiga planet mirip bumi, dengan iklim yang memungkinkan adanya sebuah kehidupan di dalamnya.

Penemuan oleh tim internasional itu menggunakan teleskop canggih yang dapat menjangkau dalam ruang dan di lokasi yang jauh dari bumi. Dalam hasil tersebut ditemukan planet-planet baru yang relatif dekat dengan bumi, yaitu hanya berjarak 39 tahun dari cahaya bumi. Walaupun jarak tersebut setara dengan 234 triliun mil, jarak yang cukup jauh bagi kita.

Namun menurut para ilmuan bahwa jarak tersebut relatif dekat, sehingga memungkinkan bagi para astronom dengan teleskop ekstra canggih dan scanner untuk fokus pada planet-planet tersebut guna mengkonfirmasi jika ada air dan atmosfer yang dibutuhkan bagi kehidupan makhluk hidup di daerah tersebut, sebagaimana dilansir pada Daylimail.

Menurut Thomas Zurbuchen, seorang staff dari asosiasi Direktorat Misi Sains Nasa di Washington DC mengungkapkan bahwa hal ini mungkin akan menjawab pertanyaan apakah kita sendiri atau tidak. Dan penemuan ini bisa menjadi petunjuk untuk menemukan bumi kedua, walau membutuhkan waktu yang lama.

Sekarang para astronom mengungkapkan bahwa mereka telah mendeteksi tidak kurang dari tujuh dunia berukuran bumi yang mengorbit bintang, yang setara dengan matahari. Tujuh planet itu diyakini berjarak sekitar satu miliar tahun, dan secara teori bisa memiliki danau dan lautan. Tapi tiga planet terlalu dekat dengan bintang dan karena itu mungkin terlalu panas untuk memiliki air, sedangkan planet terjauh terlalu dingin.

Namun terdapat tiga planet yang berada di tengah-tengah, yang memiliki kondisi tidak terlalu dingin atau terlalu panas, sehingga sangat mungkin untuk menjadi daerah perkembangan kehidupan makhluk hidup disana. Hal lainnya, planet tersebut juga memiliki suhu permukaan berkisar nol sampai 100c, sehingga air tidak akan mendidih sebagai uap.[]

KEYWORD :

planet layak huni NASA bumi manusia




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :