Minggu, 28/04/2024 23:22 WIB

Pemanasan Global Picu Kekeringan di Tanduk Afrika

Studi WWA berkonsentrasi pada tiga wilayah yang paling parah dilanda kekeringan, yakni Ethiopia selatan, Somalia, dan Kenya timur.

Ilustrasi kekeringan

JAKARTA, Jurnas.com - Kekeringan dahsyat yang melanda Tanduk Afrika tidak mungkin terjadi tanpa pemanasan global. Hal ini berdasarkanlaporan baru yang dirilis Kamis dari tim ilmuwan iklim internasional.

"Perubahan iklim akibat ulah manusia telah membuat kekeringan pertanian di Tanduk Afrika 100 kali lebih mungkin terjadi," kata ringkasan laporan oleh kelompok World Weather Attribution (WWA).

"Kekeringan dahsyat yang sedang berlangsung tidak akan terjadi sama sekali tanpa efek emisi gas rumah kaca," tambahnya.

Sejak akhir 2020, negara-negara di Tanduk Afrika, Djibouti, Ethiopia, Eritrea, Kenya, Somalia, Sudan Selatan, dan Sudan mengalami kekeringan terburuk dalam 40 tahun. Kekeringan yang berkepanjangan telah menyebabkan kematian jutaan ekor ternak dan memusnahkan tanaman.

Studi WWA berkonsentrasi pada tiga wilayah yang paling parah dilanda kekeringan, yakni Ethiopia selatan, Somalia, dan Kenya timur.

Sementara perubahan iklim tidak banyak berpengaruh pada total curah hujan tahunan di wilayah tersebut, suhu yang lebih tinggi secara signifikan meningkatkan penguapan dari tanah dan tanaman, yang membuat tanah kering lebih mungkin terjadi.

"Tanpa efek ini, wilayah tersebut tidak akan mengalami kekeringan pertanian, ketika tanaman dan padang rumput dipengaruhi oleh kondisi kering selama dua tahun terakhir," tambah ringkasan tersebut.

"Sebaliknya, gagal panen yang meluas dan kematian ternak telah membuat lebih dari 20 juta orang berisiko mengalami kerawanan pangan akut," lanjutnya.

WWA mengatakan, untuk analisis cepatnya, para ilmuwan melihat perubahan curah hujan pada tahun 2021 dan 2022 di wilayah yang terkena dampak, meliputi Ethiopia selatan, Somalia selatan, dan Kenya timur.

"Mereka menemukan bahwa perubahan iklim mempengaruhi periode curah hujan dengan cara yang berlawanan. Hujan panjang menjadi lebih kering, dengan curah hujan rendah sekarang sekitar dua kali lipat, sementara hujan pendek menjadi lebih basah karena perubahan iklim," tambahnya.

"Tren pembasahan dalam hujan singkat ini telah ditutupi oleh pola cuaca La Nina baru-baru ini, yang mengurangi curah hujan dalam hujan singkat," sambungnya.

Joyce Kimutai, ahli klimatologi Kenya yang berkontribusi pada laporan tersebut, mengatakan kepada AFP, "Sudah saatnya kita bertindak dan terlibat secara berbeda. Inti dari proses ini adalah mengubah dan meningkatkan ketahanan sistem kami.

"Kita perlu berinovasi di seluruh sistem pangan, meningkatkan kolaborasi, melibatkan kelompok rentan, memanfaatkan data dan informasi sebaik mungkin, serta menggabungkan teknologi baru dan pengetahuan tradisional."

Jaringan WWA, yang didirikan oleh para ilmuwan iklim terkemuka, telah membangun reputasi dalam beberapa tahun terakhir atas kemampuannya untuk mengevaluasi sejauh mana perubahan iklim telah berkontribusi pada peristiwa cuaca ekstrem.

Hasilnya dipublikasikan sebagai hal yang mendesak, tanpa melalui proses peer-review panjang yang disyaratkan oleh jurnal ilmiah, tetapi menggunakan pendekatan metodologis yang disetujui.

Sumber: Al Arabiya

KEYWORD :

Pemanasan Global Kekeringan Tanduk Afrika




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :