Sabtu, 27/04/2024 07:59 WIB

Tujuh Keahlian yang Dipelajari Secara Online dan Gratis

Pendidikan di masa depan sudah tidak mengenal tempat dan waktu, ada prediksi bahwa pendidikan online akan sangat diminati

Ilustrasi Semedi

Jakarta - Pendidikan di masa depan sudah tidak mengenal tempat dan waktu, ada prediksi bahwa pendidikan online akan sangat diminati. Hari ini saja Anda dapat mempelajari apa saja yang ingin dipelajari, seperti fotografi, belajar bahasa asing dan lain sebagainya.

Banyak keterampilan yang dapat mengubah hidup seseorang malah tidak dipelajari di kelas. Dengan mengambil pelajaran ini secara online, Anda dapat mempelajarinya tanpa harus  mengeluarkan biaya yang banyak, baik untuk biaya pengajar, transport dan lainnya.

Lifehack mengumpulkan beberapa keterampilan yang dapat mengubah hidup  yang paling penting, dapat Anda pelajari secara online.

1. Codeacademy

www.codecademy.com

Codeacademy adalah platform terkemuka untuk belajar kode online. Disini Anda dapat mempelajari bahasa populer perangkat lunak seperti HTML, CSS, Javascript, Ruby on Rails, dan banyak lainnya. Yang menarik dari Codeacademy ini adalah bahwa ia tidak hanya menngajarkan teori, tapi mengajak berlatih secara real-time dan bahkan  dapat membangun aplikasi sendiri.

2. Meditasi

www.calm.com

Calm adalah guru meditasi anda. Anda dapat memilih dari berbagai macam backsound untuk meditasi sampai langkah-langkah yang harus ditempuh dalam meditasi. Selain itu ada pelatih yang akan menjadi pengajar untuk melakukan meditasi yang benar. Website ini sangat cocok untuk para pemula yang ingin mempelajadi meditasi dan untuk orang yang ingin menghilangkan rasa stressnya.

3. Belajar Bahasa Asing

Aplikasi Duolingo

Aplikasi gratis yang dapat didownload melalui Playstore atau Applestore. Anda dapat memilih berbagai macam bahasa yang ingin dipelajari,  karena aplikasi ini menyediakan banyak pilihan. Asiknya lagi dengan belajar melalui Duolinggo ini,  waktu belajar bahasa dikemas seperti game, sehingga tidak merasa terbebani dan lebih enjoy, tentunya hal ini mempermudah untuk menguasai bahasa yang dipelajari.

4. Personal Finance

www.Mint.com

Belajar untuk mengatur keuangan adalah sesuatu yang masih banyak diremehkan orang.  Hal paling penting yang perlu diingat adalah bahwa Anda harus menghabiskan lebih sedikit dari jumlah yang didapat (gaji). Untuk mengetahui rinciannya, berapa banyak yang harus disimpan, dimana harus mengalokasikan dana dan lainnya.

Anda dapat pergi ke beberapa portal online, seperti buku yang ditulis oleh Ramit Sethi yakni I Will Teach You To Be Rich. Kemudian anda dapat mendownload aplikasi gratis seperti Mint.com, yang secara langsung mengintegrasikan rekening bank dan menganalisa pengeluaran, dalam bentuk aplikasi visual dan mudah dipahami.

5. Investasi

www.Investopedia.com

Setelah  memiliki pengatur keuangan pribadi, sekarang waktunya untuk mulai berinvestasi. Tak ada satu pun dari kita yang bisa menjadi kaya tanpa berinvestasi. Jika yakin harus berinvestasi di beberapa hal, seperti saham, obligasi, real estate, dan lainnya. Sebelumnya harus mempelajari terlebih dahulu sebelum benar-benar terjun.

Anda dapat mempelajari keahlian itu dengan mendatangi website seperti Investopedia, yang memiliki banyak sumber daya untuk mengajarkan terminologi investasi, bahkan memiliki platform saham virtual yang memungkinkan  untuk bermain saham dengan uang palsu tentunya.

6. Fotografi

www.Photographycourse.net

Di zaman modern ini,  kemampuan fotografi ternyata banyak dibutuhkan, bahkan bisa dibilang orang yang pintar fotografi ataupun jago edit foto pasti jadi rebutan di banyak perusahaan. Masih belum terlambat untuk mempelajari skill ini. Salah satu yang memberikan pelajaran online terbaik tentang fotografi adalah website photographycourse.net dalam website ini terdapat kuliah fotografi, mulai dari kelas beginner, intermediate, sampai advanced.

Selain itu di web ini juga disediakan mulai dari tutorial yang berbentuk foto, video dan buku. Anda juga dapat mempelajari bagaimana cara mengedit foto.

7. Musik

Aplikasi Yousician

Salah satu keahlian yang harus dimilki oleh setiap orang adalah  memainkan salah satu alat musik. Minimal paling tidak anda dapat menguasai atau dapat memainkan satu alat musik. Hal ini yang menginspirasi Christoph Thur dan Mikko Kaipainen untuk kemudian mengembangkan satu aplikasi berbentuk permainan yang dapat mengajarkan anda untuk belajar sekaligus bermain instrumen dengan enjoy, aplikasi itu diberi nama Yousician dan dapat anda download secara free di applestore atau playstore.

Sudah lebih dari 25juta orang telah menggunakan aplikasi ini, dengan jumlah pengguna yang begitu banyak, sepertinya aplikasi ini sepertinya benar-benar berhasil mengajarkan orang bermain alat musik. Penasaran, download dan coba sendiri.

Tentunya ke tujuah hal di atas hanya sebagian kecil saja dari sekian banyak kursus online yang dapat anda temukan di internet sekarang. Mungkin di luar sana masih banyak aplikasi, website, channel youtube dan online ebook yang dapat memberikan Anda keterampilan secara cuma-cuma dan dapat diperoleh secara online.

KEYWORD :

Lifestyle Belajar Online Aplikasi Gratis




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :