Sabtu, 27/04/2024 02:21 WIB

Kesehatan

Pengering Tangan, Amankah?

Pengering tangan bisa bikin bebas kuman? Nampaknya tidak demikian. Tahukah Anda bahwa pengering tangan justru lebih kotor dari handuk maupun tisu toilet. Mengapa?

Pengering Tangan

Jakarta - Penggunaan pengering tangan sudah akrab dengan kehidupan manusia modern. Tak terlalu sulit ditemukan. Biasanya diletakkan di toilet atau dapur, dan dimanfaatkan untuk mengeringkan tangan setelah dibilas menggunakan air dan sabun.

Banyak orang yang lebih memilih menggunakan alat pengering tangan ketimbang handuk atau tisu (jika tersedia), karena selain dapat langsung mengeringkan tangan, juga dianggap bebas kuman. Jika Anda termasuk golongan ini, Anda tak sepenuhnya salah. Namun untuk urusan bebas kuman, nanti dulu. Baca ini baik-baik.

Pengering tangan bisa bikin bebas kuman? Nampaknya tidak demikian. Tahukah Anda bahwa pengering tangan justru lebih kotor dari handuk maupun tisu toilet. Mengapa?

Dikutip dari Boldsky, saat Anda menghadapkan tangan di bawah pengering yang mengeluarkan angin dengan kecepatan lebih dari 300 mil per jam, itu sama sekali tidak akan membunuh kuman. Sebaliknya, angin yang keluar akan membuat kuman yang berasal dari tangan Anda menyebar ke seluruh ruangan.

Jika saat ini Anda akan berpikir untuk tidak menggunakan pengering tangan lagi, jangan tenang dulu. Jika orang-orang yang terdapat di toilet masih ada yang menggunakan alat tersebut, artinya kuman masih menyebar di setiap sudut ruangan, dan hal ini membahayakan kesehatan Anda ketika dihirup melalui proses bernafas.

Oleh karena itu, selain memutuskan untuk berhenti menggunakan pengering tangan, pilihlah tisu atau handuk yang biasanya disediakan. Dan jangan lupa untuk mengenakan masker, agar tidak terpapar kuman-kuman yang telah menyebar melalui alat pengering tersebut.

KEYWORD :

Kesehatan tips pengering tangan Kesehatan




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :