Jum'at, 26/04/2024 23:16 WIB

DPR Bilang Masalah Cabai Bukan Hanya Harga

Wakil Ketua DPR bidang Ekonomi dan Keuangan, Taufik Kurniawan, menilai bahwa persoalan cabai ini bukan hanya permasalahan harga, tapi juga daya beli masyarakat yang menurun.

Harga cabai melambung tinggi

Jakarta - Kenaikan harga cabai yang tak kunjung menurun masih tetap menjadi perhatian publik. Sebagai salah satu komoditi yang dikonsumsi banyak masyarakat dan menjadi kebutuhan sehari-hari, kenaikan harga cabai cukup merepotkan.

Wakil Ketua DPR bidang Ekonomi dan Keuangan, Taufik Kurniawan, menilai bahwa persoalan cabai ini bukan hanya permasalahan harga, tapi juga daya beli masyarakat yang menurun.

Namun, politisi kelahiran Semarang itu berargumen bahwa persoalan kenaikan harga cabai itu bukan permainan mafia atau permainan dagang tengkulak nakal yang bisa memungkinkan munculnya kebijakan impor cabai. Menurutnya, kenaikan cabai ini hanya bersifat sementara. Sebab, seperti yang ia tahu, adalah faktor cuaca yang ikut memengaruhi kualitas cabai disamping faktor distribusi yang bermasalah.

"Khusus mengenai pendistribusian, saya sepakat dengan Presiden Jokowi, daerah yang surplus cabai sebaiknya mendistribusikan ke daerah yang kekurangan stok cabai," ucap Taufik kepada jurnas.com pada Kamis (12/01).

Anggota DPR dari PAN itu meyakini kenaikan cabai hanya bersifat sementara. Maka DPR mendorong terus penanganan yang baik dari setiap persoalan yang ada. Kita memerlukan kerja-kerja lemabga terkait, lanjut Taufik, untuk memitigasi segala kemungkinan, saat ini maupun saat yang akan datang.

"Pemerintah tentu telah mengambil langkah-langkah antisipatif yang memadai. Demikian pula masyarakat sudah cukup memahami kondisi yang ada. Saya melihat Bapak Presiden berkali-kali turun ke lapangan, demikian pula kementerian terkait," jawab Taufik.

Sebelumnya, harga cabai yang masih tinggi sejak hampir dua pekan lalu, masih membuat kepedasan konsumen. Khususnya cabai rawit merah, harganya mencapai titik tertinggi di kisaran 120-an ribu per kg.

Pemerintah menunjuk rantai distribusi yang terkendala curah hujan. Sebab pengiriman cabai sangat beresiko jika terpapar hujan. Presiden Jokowi sendiri saat berkunjung ke Pasar Kajen Pekalongan meminta Menteri Perdagangan, Enggartiasto Lukito, menyuplai cabai di daerah yang stoknya tipis dari kawasan yang surplus cabai.[]

KEYWORD :

hargai cabai taufik kurniawan Presiden Jokowi




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :