Jum'at, 26/04/2024 10:22 WIB

Harga Cabai Melambung Tinggi, Ini Penyebabnya

Harga cabai rawit merah melambung tinggi hingga mencapai Rp140 ribu/Kg. Apa penyebab harga cabai melonjak naik?

Harga cabai melambung tinggi

Jakarta - Harga cabai rawit merah melambung tinggi hingga mencapai Rp140 ribu/Kg. Harga tersebut dinilai sangat jauh dari batas normal. Lantas apa penyebab harga cabai melonjak naik?

Menurut Wakil Ketua Komisi IV DPR RI Herman Khaeron, tingginya harga cabai pada tingkat konsumen disebabkan karena proses pendistribusian yang tidak normal.

"Ini adanya pada aspek pendistribusian," kata Herman, kepada Jurnas.com, Jakarta, Kamis (12/1).

Sebab, kata Herman, produksi cabai di tingkat petani sejauh ini tidak mengalami kendala yang signifikan. Menurutnya, jika produksi menyusut, wajar jika harga melambung.

"Tetapi ini kan produksi normal. Tidak ada peristiwa yang menjadikan pasokan menurun, tidak ada banjir, tidak ada kekeringan. Makanya aneh jika harga melambung. Setelah kita cek ternyata distribusinya," tegasnya.

Menurutnya, awalnya lonjakan hanya terjadi di pasar, namun karena lonjakan di pasar terjadi dalam waktu cukup lama, akhirnya petani pun mengambil sikap untuk ikut menaikkan harga jualnya kepada tengkulak.

"Akibatnya, kalaupun ada upaya yang dilakukan oleh pemerintah, harga tersebut baru akan turun dalam waktu sekitar satu bulanan,” kata politikus Partai Demokrat itu.

KEYWORD :

Harga Cabai Mahal Komisi IV Herman Khaeron




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :