Minggu, 28/04/2024 01:07 WIB

Pimpinan Komisi IV DPR Dukung Peningkatan Kualitas Alat Pengolahan Sotong

Tentu kami ada catatan, kalau kita mau ekspor yang lebih besar lagi, tentu harus lebih modern alat-alatnya. Meskipun ada beberapa yang sudah modern, tetapi tadi masih ada beberapa masih pakai tangan, dan pengolahan cuttlefish ini sangat menarik sekali, karena dari Indonesia menjadi Internasional.

Wakil Ketua Komisi IV DPR RI dari Fraksi PKB, Anggia Erma Rini. (Foto: Dok. Jurnas.com)

Jakarta, Jurnas.com - Wakil Ketua Komisi IV DPR RI Anggia Erma Rini mendukung pengolahan cuttlefish alias sotong dengan memberi catatan terhadap perusahan yang bergerak di sektor pengolahan dan perdagangan ikan tersebut dengan melihat secara langsung bagaimana proses pengolahan dari awal pembersihan hingga siap untuk di ekspor ke negara lain. 

Pernyataan tersebut diutarakannya saat meninjau pengolahan sotong di PT Perikanan Indonesia Unit Mayangan di Kota Probolinggo, Jawa Timur, baru-baru ini.

“Tentu kami ada catatan, kalau kita mau ekspor yang lebih besar lagi, tentu harus lebih modern alat-alatnya. Meskipun ada beberapa yang sudah modern, tetapi tadi masih ada beberapa masih pakai tangan, dan pengolahan cuttlefish ini sangat menarik sekali, karena dari Indonesia menjadi Internasional,” ungkapnya.

Politikus PKB ini menilai, potensi untuk diekspor ke pasar internasional di Asia adalah pasar yang menarik untuk komoditas perikanan, termasuk ikan nila.

“Untuk ekspor, penting untuk mematuhi persyaratan sanitasi dan keamanan pangan yang berlaku di negara tujuan ekspor, serta memastikan kualitas produk tetap terjaga selama proses pengangkutan,” kata Anggia.

Dengan itu penting untuk mematuhi peraturan dan persyaratan sanitasi serta keamanan pangan yang ditetapkan oleh otoritas pengawas di negara masing-masing. Mendapatkan sertifikasi kualitas, seperti standar HACCP (Hazard Analysis and Critical Control Point) atau sertifikasi organik, dapat meningkatkan kepercayaan dan daya saing produk cuttlefish di pasar internasional.

“Oleh karena itu, penting untuk diingat bahwa potensi pemanfaatan dan ekspor cuttlefish juga bergantung pada faktor-faktor seperti ketersediaan bahan baku, infrastruktur, akses pasar, persaingan dengan komoditas serupa, dan regulasi perdagangan internasional yang berlaku,” pungkasnya.

 

KEYWORD :

Warta DPR Komisi IV PKB Anggia Erma Rini Sotong ekspor




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :