Rabu, 18/10/2017 10:51 WIB

Dewan Pers Beberkan Media Jadi Alat Pemeras

Stanley juga menyinggung perilaku penulisan berita yang hanya mempertimbangkan rating pembaca tanpa mengutamakan kebenaran informasi.

Stanley, Anggota Dewan Pers

Jakarta - Ketua Dewan Pers Yoseph Stanley Adi Prasetio mengatakan pentingnya menguji kualifikasi media pemberitaan. Alasannya, media kerap menjadi alat oknum pelaku kejahatan.

Stanley juga melihat adanya gejala penggunaan simbol negara sebagai logo media yang digunakan untuk memeras. Di antaranya, logo KPK, BIN serta lembaga penyelenggara pemilu.

"Itulah antara lain yang ditakuti sekolah-sekolah karena mereka belum bisa membedakan mana yang KPK ngurus korupsi dan KPK media untuk memeras," ujar Stanley dalam diskusi bertema News or Hoax di gedung DPR, Senayan, Jakarta, Selasa (10/1/2016).

Selain itu, Stanley juga menyinggung perilaku penulisan berita yang hanya mempertimbangkan rating pembaca tanpa mengutamakan kebenaran informasi. Sehingga, kata dia, penulisan berita cenderung berbeda antara judul dengan kontennya.

Stanley mengingatkan agar media lebih mengutamakan kualitas penulisan berita dalam menyajikan informasi ke masyarakat. Ia menekankan para wartawan tidak mengikuti kerja penulisan berita media abal-abal yang penuh dengan pembohongan publik.

"Silahkan media abal-abal terbit, nanti alam yang akan menyeleksi. Kalau ada nama atau logo media yang dibajak, tinggal laporkan ke aparat kepolisian," tandasnya.

TAGS : Media pemeras Dewan Pers




TERPOPULER :

TERKINI

Liverpool Rayakan Kemenangan, Kloop: Memang Sulit Menghadapi Kami

Hasil tersebut membuat pelatih Juergenn Kloop memberikan ...

California Siapkan RUU Pemakaman Mayat Dicairkan

Adapun cara kerja aquamation yakni tubuh mayat dipanaskan...

Badai Matahari Diprediksi Hantam Bumi 100 Tahun Lagi

Dalam penelitian tersebut, Avi mengungkapkan semburan Mat...

Zidane Akui Pertahanan Kuat Spurs

Meski melakukan serangan bertubi-tubi, Ronaldo, dkk kesul...

Presiden Dorong Fakultas dan Prodi Sesuai Kebutuhan Zaman

metode pembelajaran harus diubah dan disesuaikan dengan k...

Begini Modus Baru Korut Rayu China

Hubungan Korea Utara dengan China, sekutu utamanya dan pe...