Sabtu, 27/04/2024 08:24 WIB

HAUL GUS DUR

Jokowi dan Peci Pemberian Gus Dur

Jokowi mengaku pernah diberikan peci rotan peninggalan Gus Dur menjelang pencalonannya menjadi presiden pada Pilpres 2014. Peci itu pun masih disimpan rapi di Solo, Jawa Tengah.

Presiden Jokowi

Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) memiliki kenangan manis sendiri dengan mendingan Presiden RI ke-4 KH Abdurrahman Wahid (Gus Dur). Sebuah kisah tentang topi rotan yang diberikan Gus Dur pun dituturkan Jokowi saat HAUL ke-7 meninggalnya Gus Dur di Ciganjur, Jakarta Selatan, Jumat malam (23/12/2016).

Pada kesempatan itu, Jokowi mengaku pernah diberikan peci rotan peninggalan Gus Dur menjelang pencalonannya menjadi presiden pada Pilpres 2014. Peci itu pun masih disimpan rapi di Solo, Jawa Tengah.

"Saya ingat pada hari Kamis 26 September 2013 di Wahid Institute. Ibu Sinta (istri Gus Dur) memberikan peci yang diberikan Gus Dur kepada saya," ujar Jokowi.

Mantan Walikota Solo ini pun meminta maaf, seharusnya ia mengenakan peci milik Gus Dur yang diberikan pada dirinya. Tetapi, dia berjanji mengenakan peci tersebut nanti di acara HAUL Gus Dus tahun depan.

"Tadi pagi ada yang mengingatkan untuk saya pake, tapi karena saya simpan di Solo. Waktunya tidak cukup. Jadi tidak bisa saya pake di acara hari ini di haul Gus Dur. Nanti saya pake," ungkapnya.

"Pemberian peci itu menjadi pengingat buat saya untuk selalu berusaha meneladani Gus Dur. Meneladani ketulusan beliau bersilaturrahmi, tanpa sekat, kesederhanaannya, kesukarelaannya dan kerelaan berkorban untuk bangsa negara sampai akhir hayatnya. Sikap hidup dan laku perjuangan Gus Dur, sejalan dengan misi perjuangan nabi Muhammad yang menuntun manusia dan menebar rahmat," ujar Jokowi.

KEYWORD :

Gus Dur Jokowi Peci




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :