Jum'at, 26/04/2024 14:24 WIB

Besok Digelar Karnaval Cinta NKRI

Karnaval  akan menampilkan budaya Nusantara seperti reog ponorogo, gondang batak, musik angklung, rebana, barongsai, marching band, flash mob maumere.

Atraksi reog pada Parade Bhineka di Jakarta, Sabtu (19/11)

Jakarta - Relawan Penggerak Jakarta Baru (RPJB) akan menggelar Karnaval Cinta NKRI, Besok/Minggu (20/11) yang berlangsung pada pukul 07.00 sampai 11.00 dari Patung Kuda hingga Bundaeran HI, Jakarta.

Ketua RPJB, Pitono Adhi mengatakan, karnaval yang diselenggarakan Relawan NKRI ini terdiri dari berbagai kelompok dan juga komunitas budaya. "Kekayaan dalam wujud kebhinnekaan budaya dengan segala aspeknya ini perlu kita jaga dan rawat bersama sepanjang waktu," kata Pitono Adhi

Selain sumber daya alam dan bumi yang elok lagi subur, Indonesia memiliki kekayaan yang tak ternilai.  Kekayaan itu ialah kebhinnekaan atau keragaman budaya, seni, adat-istiadat, bahasa, suku bangsa serta agama dan kepercayaan.   

Karnaval  akan menampilkan budaya Nusantara seperti reog ponorogo, gondang batak, musik angklung, rebana, barongsai, marching band, flash mob maumere, tarian Jai Ende, gong wani maumere, silat palang pintu, ondel-ondel, serta komunitas sepeda onthel dan lain sebagainya.

Pitono mengajak segenap warga Jakarta untuk hadir dan bergabung dalam parade yang juga akan diisi dengan aksi pelepasan ribuan balon merah putih. Warga yang ingin ikut serta dalam karnaval diharapkan mengenakan pakaian berwarna putih atau merah tanpa atribut organisasi apa pun termasuk partai.
 
"Ini kami maksudkan agar karnaval ini sungguh kental dengan nuansa merah putih dan semangat persatuan, toleransi serta cinta damai," ujar Pitono dalam siaran persnya.

Lebih jauh Pitono mengatakan kebhinnekaan adalah modal utama Indonesia untuk maju. "Sebab kebhinnekaan menyediakan banyak inspirasi bagi bangsa Indonesia dalam menghadapi tantangan dan persoalan yang semakin kompleks hari ini dan ke depan asalkan kita mampu bersatu," ujarnya.

KEYWORD :

Karnaval NKRI




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :