Sabtu, 27/04/2024 03:24 WIB

EHRC: Lebih dari 210 Tewas dalam Kekerasan di Ethiopia Barat

Para saksi menggambarkan orang-orang bersenjata yang berafiliasi dengan Tentara Pembebasan Oromo (OLA), sebuah kelompok pemberontak, tiba pada 18 Agustus setelah pasukan keamanan mundur dari Gida-Kirimu di wilayah barat.

Ilustrasi mayat

Jakarta, Jurnas.com - Komisi Hak Asasi Manusia Ethiopia (EHRC) mengatakan, lebih dari 210 orang tewas dalam beberapa hari kekerasan etnis di wilayah Oromia yang tegang di Ethiopia pekan lalu. 

EHRC mengatakan pada Kamis (27/8) para saksi menggambarkan orang-orang bersenjata yang berafiliasi dengan Tentara Pembebasan Oromo (OLA), sebuah kelompok pemberontak, tiba pada 18 Agustus setelah pasukan keamanan mundur dari Gida-Kirimu di wilayah barat.

"Penduduk daerah itu dan lainnya telah mengatakan kepada komisi bahwa lebih dari 150 orang tewas oleh orang-orang bersenjata itu," kata EHRC.

Serangan itu memaksa perempuan dan anak-anak untuk melarikan diri ke daerah tetangga, dan memicu gelombang pembunuhan balas dendam.

"Pada hari-hari berikutnya, beberapa warga melakukan serangan pembalasan berbasis etnis, menewaskan lebih dari 60 orang dan memicu eksodus lebih lanjut warga sipil yang melarikan diri dari kekerasan," kata komisi itu.

Badan yang ditunjuk pemerintah itu tidak menyebutkan siapa yang bertanggung jawab atas tindakan balas dendam tersebut. "Serangan itu terjadi sehari setelah relokasi pasukan keamanan ke daerah lain," kata pernyataan itu.

Laporan dan sumber lokal mengatakan serangan awal menargetkan etnis Amhara yang sering menghadapi serangan serupa di masa lalu.

Panel menyerukan tindakan segera untuk mencegah ketidakstabilan menyebar lebih jauh dan penyelidikan mengapa pasukan keamanan menarik diri dari daerah yang bermasalah.

Dalam sebuah pernyataan, OLA membantah bertanggung jawab atas serangan tersebut. Kelompok itu diyakini aktif di daerah di mana serangan terakhir terjadi.

Odaa Tarbii, juru bicara kelompok pemberontak, mengatakan dalam sebuah tweet pada hari Kamis bahwa laporan semacam itu adalah distorsi besar dari fakta di lapangan.

OLA ditetapkan sebagai organisasi teroris oleh anggota parlemen pada Mei bersama Front Pembebasan Rakyat Tigray (TPLF), yang pasukan pemberontaknya telah berperang di utara Ethiopia sejak November.

Pemerintah menuduh OLA membantai warga sipil di Oromia, wilayah terbesar di negara itu, dan di Amhara, terbesar kedua.

Bentrokan yang melibatkan dua kelompok etnis itu menewaskan lebih dari 300 orang selama beberapa hari di bulan Maret, kata pejabat federal. Kelompok itu telah membantah tuduhan menjadi ujung tombak pembantaian yang mengerikan itu.

Diyakini berjumlah ribuan, OLA memisahkan diri dari Front Pembebasan Oromo, sebuah partai oposisi yang menghabiskan bertahun-tahun di pengasingan, tetapi diizinkan untuk kembali ke Ethiopia setelah Perdana Menteri Abiy Ahmed menjabat pada 2018.

Awal bulan ini, OLA dan TPLF mengumumkan bahwa mereka telah mencapai kesepakatan untuk berjuang bersama melawan pasukan Abiy dan sekutunya.

Seorang juru bicara OLA mengatakan kedua kelompok sepakat bahwa "kediktatoran" Abiy harus dihapus dan bahwa mereka berbagi intelijen dan berkoordinasi dalam strategi.

Pemerintah mengecam pakta itu sebagai "aliansi destruktif" antara dua kelompok yang berusaha mengacaukan negara.

Ethiopia Utara telah dilanda konflik sejak November ketika Abiy, pemenang Hadiah Nobel Perdamaian 2019, mengirim pasukan ke Tigray untuk menggulingkan TPLF.

Dia mengatakan langkah itu datang sebagai tanggapan atas serangan TPLF di kamp-kamp tentara federal dan kemenangan akan cepat. Tapi sembilan bulan kemudian, konflik telah menyebar ke wilayah tetangga Afar dan Amhara, dan menarik pasukan dari seluruh Ethiopia.

KEYWORD :

EHRC Ethiopia Barat Kekerasan




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :