Senin, 06/05/2024 02:25 WIB

Pemanfaatan TIK di Era Pandemi Tingkatkan Geliat UMKM

e-commerce, marketplace, fintech dan ride sharing telah menjadi penggerak dan showcase bagi ekonomi digital di Indonesia

Diskusi Webinar Pemanfaatan Media Sosial untuk Pemasaran UMKM digelar secara kolaboratif oleh DPR-RI dan Kemenkominfo, Kamis (26/8/2021).

Jakarta, Jurnas.com - Pemanfaatan infrastruktur teknologi informasi dan komunikasi (TIK) di masa pandemi Covid-19 membawa efek peningkatan geliat sektor usaha mikro kecil dan menengah (UMKM).

"Apalagi prospek kegiatan ekonomi berbasis flatform digital saat ini dianggap menjadi penggerak perekonomian Indonesia," kata Guru Besar Universitas Sebelas Maret, Prof Widodo Muktiyo,  Kamis (26/8/2021). 

Prof Widodo Muktiyo mengemukakan pendapatnya itu dalam webinar bertajuk Pemanfaatan Media Sosial untuk Pemasaran UMKM yang diselenggarakan via zoom atas kerjasama DPR dan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo).

Webinar itu diikuti 150 mahasiswa dari wilayah Sumatera Utara dan sebagian wilayah Jabodetabek. Bersama Prof Widodo Muktiyo, acara itu menghadirkan Ketua Komisi I DPR Meutya Hafid sebagai keynote speaker, dan Owner Rumah Blepot, Rafiqoh Purnamasari.

“Kegiatan ekonomi berbasis sharing khususnya e-commerce, marketplace, fintech dan ride sharing telah menjadi penggerak dan showcase bagi ekonomi digital di Indonesia,” kata Prof. Widodo Muktiyo.

Adapun Ketua Komisi I DPR, Meutya Hafid menyebut fenomena kehadiran media sosial sebagai dampak dari perkembangan TIK sangat luar biasa.

"Dengan berbagai layanan yang dapat digunakan, media sosial telah mengubah cara berkomunikasi dalam masyarakat," katanya.

Politisi perempuan Partai Golkar itu mengatakan pengadopsian teknologi internet di era pandemi Covid-19 pada berbagai bidang sangat diperlukan, agar bisa melanjutkan kembali kegiatan dan aktifitas yang terhenti seperti aktifitas ekonomi.

DPR sendiri, lanjut Meutya, terus mendorong pemerintah dalam hal ini Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) untuk berpartisipasi aktif dalam melalukan pelatihan-pelatihan, yang akan meningkatkan kemampuan para wirausaha seperti para pelaku UMKM dalam mengoptimalkan ruang digital guna meningkatkan transaksi dan nilai usahanya.

Widodo Muktiyo mengatakan dari infrastruktur teknologi digital yang disediakan, masyarakat dapat memanfaatkan jual beli online melalui market place yang dapat memacu pertumbuhan ekonomi nasional.

“Sekarang ini yang mendapatkan keuntungan positif adalah indutri yang bergerak di market place. Kita menyediakan sistem yang mengisi UMKM," ungkapnya. 

Di tempat yang sama, Owner Rumah Blepot, Rafiqoh Purnamasari mengatakan media sosial menjadi partner usaha terbaik.

Ia menuturkan, dulu masih mempercayakan media dari mulut ke mulut, jadi perkembangan pelanggan memang sangat lambat.

"Hingga akhirnya muncul media sosial seperti Facebook, Instagram dan lain-lain, ini sangat membantu sekali dalam promosi," ujar Rafiqoh. 

KEYWORD :

UMKM TIK Widodo Muktiyo Meutya Hafid Komisi I DPR Kemenkominfo




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :