Jum'at, 03/05/2024 01:15 WIB

MSIG Indonesia Kenalkan Produk Asuransi Kendaraan Bermotor

MSIG FlexPro U-Drive merupakan asuransi kendaraan bermotor pertama dengan layanan telematika yang telah resmi terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan pada 2 September 2020.

Launching produk MSIG FlexPro U-Drive secara virtual pada Rabu (25/08)

Jakarta, Jurnas.com - PT Asuransi MSIG Indonesia (MSIG Indonesia) resmi mengenalkan produk asuransi kendaraan bermotor yang mencakup layanan telekomunikasi dan informatika (telematika) bernama MSIG FlexPro U-Drive.

MSIG FlexPro U-Drive merupakan asuransi kendaraan bermotor pertama dengan layanan telematika yang telah resmi terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan pada 2 September 2020.

Sebagai asuransi umum berskala global yang telah beroperasi di Indonesia selama 45 tahun, MSIG Indonesia memastikan bahwa bundling asuransi kendaraan bermotor dan layanan telematika yang diberikan oleh MSIG FlexPro U-Drive akan memberikan manfaat bagi pemilik usaha dengan armada dalam mengembangkan usaha yang lebih optimal dan efisien.

Layanan telematika kendaraan telah umum digunakan oleh bisnis armada, namun MSIG Indonesia percaya bahwa layanan telematika yang di-bundling dengan asuransi kendaraan dalam Asuransi MSIG FlexPro U-Drive mampu memberikan sejumlah keunggulan kompetitif dibandingkan dengan layanan telematika lainnya.

Keunggulan tersebut antara lain layanan pengelolaan armada kendaraan dengan harga layanan yang kompetitif, berbagai manfaat tambahan dalam sistem pengelolaan armada yang tersedia melalui sistem MZone, sistem teknologi yang mudah diintegrasikan yang disediakan oleh mitra teknologi berpengalaman, Scope Technology.


Director MSIG Indonesia Akito Haruguchi menyampaikan, MSIG FlexPro U-Drive merupakan produk asuransi kendaraan bermotor dengan aplikasi berbasis telematika, dengan harga yang bersaing. Produk itu dirancang dengan memanfaatkan digitalisasi telematika di asuransi kendaraan bermotor untuk meningkatkan pengalaman pelanggan.

"Dalam satu tahun target kami adalah 1.000 (unit kendaran), dalam lima tahun ke depan adalah 10.000. Oleh sebab itu, kami menghitung premi sebesar Rp 5 miliar untuk tahun pertama, dan untuk lima tahun sekitar Rp 50 miliar rupiah. Saya mengharapkan peningkatan premi dalam lima tahun ke depan seperti itu," ucap Haruguchi dalam konferensi pers daring, Rabu (25/8).

Dia mengatakan, MSIG FlexPro U-Drive memberikan harga yang kompetitif, lebih banyak layanan manajemen armada dan platform yang mudah diintegrasikan, termasuk kerja sama dengan perusahaan telematika berpengalaman.

Dengan mengadopsi asuransi telematika, perusahaan mengaplikasikan perilaku berkendara yang aman di ekosistem dan mengulas perilaku mengemudi berbasis penggunaan.

Senada dengan Haruguci, President Director MSIG Indonesia Tsutomu Aoki pun menerangkan, MSIG memberikan solusi bagi perusahaan yang memiliki armada kendaraan untuk mencapai pertumbuhan, tidak hanya dalam keuntungan bisnis namun juga mendukung industri hijau dan pelestarian alam. 

"MSIG FlexPro U-Drive merupakan produk asuransi kendaraan bermotor pertama dengan layanan telematika yang telah resmi terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK)," katanya.

Penggunaan telematika pada asuransi telah mendapat persetujuan pada September 2020, pihaknya terus meneliti dan menyempurnakan produk dari waktu ke waktu atau hampir satu tahun menjadikannya produk lebih baik.

"Akhirnya kami berhasil mengembangan MSIG FlexPro U-Drive yang dapat memberikan layanan kendaraan satu atap, tentu saja termasuk asuransi," kata dia.

Aoki mengungkapkan, meskipun layanan telematika kendaraan sudah secara umum digunakan dalam manajemen armada baru-baru ini, pihaknya sangat yakin produk itu memiliki banyak keunggulan kompetitif dibandingkan dengan yang lain. Hal yang memungkinkan perusahaan mengembangkan produk kompetitif adalah sistem MZone yang dimiliki mitra Scope Technology.

"Layanan kami menyediakan berbagai fitur yang berguna, seperti mendukung optimalisasi penggunaan armada, mendukung peningkatan perilaku pengemudi, meningkatkan penggunaan kendaraan seperti konsumsi bahan bakar dan perawatan. Serta mengamankan aset melalui pelacakan langsung dan sebagainya," terang dia,

Sistem manajemen armada produk asuransi itu memanfaatkan platform MZone Scope. Berbasis web dan mobile application, MZone dapat dengan mudah diakses melalui perangkat pelanggan. Sistem ini berfungsi sebagai digital platform yang menjadi pusat akses untuk semua data agregat.

Beberapa keuntungan yang akan didapatkan pemilik usaha dari sistem manajemen tersebut yakni tata kelola perjalanan termasuk penentuan rute dan tujuan, laporan analisa yang komprehensif, dan informasi layanan perawatan kendaraan.
Selain itu, pemilik usaha dapat menganalisis risiko dan hasil penilaian mengemudi, serta notifikasi layanan telematika.

Asuransi MSIG FlexPro U-Drive, pemilik armada juga akan mendapatkan fitur rekonstruksi klaim 3D, yang berguna untuk laporan rekonstruksi kecelakaan dan analisisnya. Semua fitur telematika itu secara otomatis akan didapatkan oleh perusahaan, ketika mereka mempercayakan bisnis armadanya kepada MSIG. Selain itu, fungsi immobilizer juga dapat dilengkapi dengan membayar biaya tambahan.  

KEYWORD :

MSIG Indonesia Asuransi Kendaraan Kecanggihan Teknologi




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :