Senin, 29/04/2024 05:53 WIB

Gempa Selandia Baru Hasilkan Karya Seni Unik

foto: Daily Mail

Selandia Baru - Gempa berkekuatan 7,8 skala richter yang mengguncang Selandia Baru pada Minggu (13/11) lalu, menghasilkan sebuah pemandangan unik. Pasalnya, gempa tersebut telah membuat sejumlah tanah di pesisir pantai naik setinggi dua meter.

Dikutip dari Daily Mail pada Kamis (17/11), ilmuwan menyebut terangkatnya dasar laut ini sebagai hal yang sangat luar bisa, dan belum pernah terjadi sebelumnya.

Gempa ini bermula dari hujan yang disertai angin kencang di Selandia Baru pada Kamis sebelumnya. Hanya beberapa hari setelah itu, gempa mengguncang kepulauan di barat daya Samudera Pasifik tersebut. Dua orang dinyatakan tewas, dan beberapa tempat juga mengalami longsor hebat.

Lebih dari 1.000 wisatawan dan penduduk dievakuasi dari kota pantai kecil dengan menggunakan helikopter dan kapal angkatan laut pada Senin pagi.

Sedangkan foto-foto yang di ambil dari atas udara memperlihatkan dasar laut yang terangkat sekitar dua hingga dua setengah meter ke atas permukaan tanah.

Gempa 7,8 magnitude ini tidak hanya merobek dasar laut, tapi juga merusak sejumlah rumah, jalan raya, dan beberapa daerah pegunungan.

KEYWORD :

pemandangan unik selandia baru gempa




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :