Rabu, 22/05/2024 07:34 WIB

Peringati Harkonas, Kemendag Terjunkan Maskot Si-Enda Mengajak Masyarakat Patuhi Prokes

Sosialisasi ini diharapkan tidak hanya dapat mengingatkan masyarakat, tetapi juga membuat masyarakat menerapkan prokes dengan disiplin.

Si-Enda, Maskot Hari Konsumen Nasional dari Kementerian Perdagangan. (Foto: ist)

Jakarta, Jurnas.Com - Langkah unik dilakukan oleh Kementerian Perdagangan (Kemendag), melalui Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga (Ditjen PKTN) dalam mengajak masyarakat mengikuti arahan pemerintah dalam mematuhi dan menjalankan protokol kesehatan (prokes), yakni dengan menerjunkan langsung maskot Hari Konsumen Nasional (Harkonas) Si-Enda atau Konsumen Berdaya.

Direktur Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga (Dirjen PKTN) Kemendag Veri Anggrijono mengatakan, upaya sosialisasi si-Enda dengan membagikan masker ini di sekitar Jalan M.I Ridwan Rais dan Tugu Tani, Jakarta Pusat ini bertujuan mempercepat pemulihan ekonomi di masa pandemi COVID-19.

“Sosialisasi ini diharapkan tidak hanya dapat mengingatkan masyarakat, tetapi juga membuat masyarakat menerapkan prokes dengan disiplin,” ujar Dirjen PKTN Kemendag dalam keterangan resmi pada Rabu (4/8/2021).

Lebih lanjut Dirjen PKTN Kemendag menjelaskan “Si-Enda” mengingatkan dan mengajak masyarakat untuk terus menerapkan prokes melalui sejumlah slogan penyemangat seperti “Konsumen Cerdas Ayo Vaksin”; “Jadilah Konsumen Kritis di Masa Pandemi”; “Konsumen Cerdas Pulihkan Ekonomi Bangsa”; “Konsumen Cerdas, COVID-19 Pasti Berlalu”; “Konsumen Cerdas Beli Sesuai Kebutuhan”; serta “Konsumen Cerdas Jalankan Prokes”.

Dengan sosialisasi ini, konsumen Indonesia diharapkan tetap menjadi cerdas dan kritis. Khususnya dengan semakin banyaknya perubahan aktivitas konsumsi dari luring menjadi daring atau digital.

“Pemulihan ekonomi pada masa darurat kesehatan sangat bergantung pada kerja sama yang baik antara konsumen, pelaku usaha, dan pemerintah. Demi terwujudnya iklim perdagangan yang baik, dibutuhkan pelaku usaha yang bertanggung jawab serta konsumen cerdas yang teliti dan memahami hak dan kewajibannya,” imbuh dia.

Dia juga mengaku terus berusaha membentuk pergeseran pola konsumsi, pola produksi, pola transaksi, serta pola distribusi sebagai kekuatan baru untuk memulihkan ekonomi.

Selain itu Dirjen PKTN Kemendag berharap, semangat Hari Konsumen Nasional (Harkonas) 2021 yang bertema ‘Perlindungan Konsumen Menuju Indonesia Maju’ dapat menjadi pendorong bagi masyarakat dalam membangun gerakan konsumen cerdas dan memperkuat upaya perlindungan konsumen untuk percepatan pemulihan ekonomi nasional.

“Semangat Harkonas juga diharapkan menjadi momentum peningkatan pemahaman hak dan kewajiban konsumen, peningkatan kecerdasan dan kemandirian konsumen, serta nasionalisme tinggi dalam menggunakan produk dalam negeri,” kata dia.

KEYWORD :

Kementerian Perdagangan Enda Harkonas Veri Anggrijono




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :