Sabtu, 27/04/2024 03:37 WIB

Penjualan Senjata Eropa Jadi Penyebab Migrasi Massal

Laporan itu mengatakan bahwa industri senjata juga mendapat untung dari `militerisasi perbatasan` untuk `menahan migran dan menjauhkan mereka`.

Ratusan migran dari berbagai negara berkumpul di perbatasan Bosnia dan Herzegovina dengan Kroasia, menunggu kesempatan untuk melanjutkan perjalanan ke negara Uni Eropa, di Sarajevo, Bosnia dan Herzegovina pada 24 Oktober 2018 [Samir Yordamoviç / Anadolu Agency]

Jakarta, Jurnas.com - Sebuah laporan oleh Transnational Institute (TNI) menemukan bahwa perusahaan senjata Eropa "berperan penting" dalam pemindahan massal dan memicu krisis pengungsi di beberapa wilayah di dunia.

Laporan TNI, Smoking Guns, mengungkapkan bahwa senjata yang dijual ke negara-negara seperti Arab Saudi dan AS berakhir di tangan Daesh, dan menunjuk pada studi spesifik di mana perusahaan senjata Eropa, seperti BAE Systems Inggris, Leonardo Italia, dan Prancis-Jerman Airbus, secara langsung berdampak pada pemindahan massal orang-orang di negara-negara termasuk Suriah, Libya, Yaman, dan Irak.

Senjata yang diproduksi oleh Bulgaria, dijual ke AS dan Arab Saudi ditemukan di tangan pejuang Daesh, setelah upaya bencana AS untuk mempersenjatai dan melatih 5.000 pejuang oposisi untuk mengalahkan Daesh.

Smoke Guns juga mengungkapkan kolaborasi antara perusahaan senjata Turki dan Leonardo Italia dalam pembuatan dan penjualan helikopter T-129 ATAK, yang digunakan secara luas dalam `Operasi Ranting Zaitun` di Afrin, yang menggusur sekitar 5.000 orang.

Laporan itu mengatakan bahwa industri senjata juga mendapat untung dari `militerisasi perbatasan` untuk `menahan migran dan menjauhkan mereka`.

“Uni Eropa terus-menerus menegaskan kembali komitmennya terhadap prinsip-prinsip hak asasi manusia dan untuk menegakkan supremasi hukum, tetapi dalam praktiknya banyak kebijakan dan praktiknya justru sebaliknya – mereka berperan penting dalam menopang dan mempertahankan rezim otoriter, dalam memfasilitasi konflik bersenjata, dan dalam memperburuk penderitaan seluruh populasi," kata laporan itu.

Niamh Ni Bhriain, penulis laporan tersebut, mengatakan: "Tidak seorang pun seharusnya dapat mengambil untung dari kesengsaraan manusia. Tetapi industri senjata telah menciptakan lingkaran penderitaan yang tertutup; menjual senjata dan teknologi yang memicu konflik brutal di seluruh dunia dan kemudian menjual lebih banyak lagi. peralatan kepada pemerintah Eropa untuk memaksa kembali para pengungsi yang diciptakan konflik ini."

"Laporan kami menunjukkan bagaimana Inggris, UE, dan sekutu mereka mengklaim membela hak asasi manusia menjadi hampa di hadapan kemampuan sektor swasta mereka yang tampaknya tidak terkendali untuk mengekspor senjata ke pelanggar hak asasi manusia."

"Jika pemerintah negara-negara kuat ingin mempromosikan keamanan nyata, mereka harus memeriksa peran mereka dalam mempertahankan konflik yang memaksa orang melarikan diri untuk mencari kehidupan yang aman. Eropa harus bertindak sekarang untuk memutus siklus penderitaan."

KEYWORD :

Penjualan Senjata Produk Eropa Migrasi Massal




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :