Sabtu, 27/04/2024 00:56 WIB

Elektabilitas PDIP Disalip Gerindra, Posisi Golkar Digantikan PKS

Elektabilitas Partai Gerindra menyalip PDI Perjuangan yang sebelumnya berada di posisi puncak. Sementara di posisi ketiga ada Partai Keadilan Sejahtera (PKS) yang menggantikan Partai Golkar.

Direktur Eksekutif Voxpol Center Reseach and Consulting, Pangi Syarwi Chaniago.

Jakarta, Jurnas.com - Elektabilitas Partai Gerindra menyalip PDI Perjuangan yang sebelumnya berada di posisi puncak. Sementara di posisi ketiga ada Partai Keadilan Sejahtera (PKS) yang menggantikan Partai Golkar.

Hal itu sebagaimana diutarakan Direktur Eksekutif Voxpol Center Pangi Syarwi Chaniago saat memaparkan hasil survei lembaganya secara daring, Sabtu (3/7).

Menurut dia, jika pemilu legislatif diselenggarakan hari ini, menunjukkan bahwa Partai Gerindra sebesar 27,9 persen, adalah partai yang dipilih publik.

“PDIP berada di posisi runner up dengan elektabilitas sebesar 23 persen. Posisi ketiga yang biasa ditempati Golkar, justru direbut oleh PKS dengan elektabilitas sebesar 9,4 persen,” jelas Pangi.

Kemudian, di posisi keempat ada Partai Demokrat yang mendapatkan elektabilitas sebesar 7,8 persen. Golkar di urutan keempat dengan elektabilitas 6,8 persen. Lalu diikuti PKB 4,9 persen.

Sisanya tidak mencapai ambang batas 4 persen. Partai Nasdem berada di urutan ketujuh dengan elektabilitas 2,3 persen. Lalu secara mengejutkan ada Perindo 1,3 persen.

PPP dan PAN yang saat ini berada di parlemen hanya mengantongi elektabilitas masing-masing sebesar 1,3 persen dan 0,9 persen.

Berikutnya ada Hanura 0,8 persen, PSI 0,3 persen, PBB 0,3 persen, Garuda 0,2 persen, Partai Ummat 0,2 persen, Berkarya 0,1 persen, PKPI 0,1 persen, serta Gelora 0,1 persen.

Namun angka pemilih yang belum menentukan masih besar sekitar 12,5 persen.

"Masih tingginya Undecided Voters 12,5 persen, persentase keterpilihan masih sangat dinamis dan tiga tahun kedepan masih banyak kemungkinan perubahan peta elektabilitas partai politik di Indonesia," demikian Pangi.

Voxpol Center melakukan survei wawancara telepon pada 22 Juni-1 Juli 2021. Jumlah responden yang diambil sebanyak 1.200 responden. 

Pengambilan sampel menggunakan metode stratified random sampling dengan margin of error kurang lebih 2,83 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.

KEYWORD :

Survei Voxpol Center Elektabilitas Gerindra PDI Perjuangan PKS Pangi Syarwi Chaniago




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :