Selasa, 14/05/2024 04:26 WIB

Antony Blinken Tiba di Mesir Bahas Gencatan Senjata antara Israel dan Hamas

Blinken melakukan pembicaraan luas dengan para pemimpin Israel dan Palestina, dan dijadwalkan untuk bepergian ke Amman, Jordan pada akhir Rabu untuk bertemu dengan raja Yordania dan pejabat lainnya.

Sekretaris Negara AS Antony Blinken Waves ketika ia meninggalkan Israel pada 26 Mei 2021 di Ben Gurion Bandara setelah kunjungannya ke wilayah Israel dan Palestina. (Afp)

Kairo, Jurnas.com - Sekretaris Negara Amerika Serikat (AS), Antony Blinken tiba di Mesir pada Rabu (26/5), sabagai bagian dari misi diplomatik yang ditujukan untuk menopang gencatan senjata yang mengakhiri perang 11 hari antara Israel dan Hamas.

Disadur dari Arab News, Blinken dijadwalkan untuk mengadakan pembicaraan dengan Presiden Mesir Abdel Fattah El-Sisi, Menteri Luar Negeri Samhh Shukry dan Kepala Mata-mata Abbas Kamel.

Blinken melakukan pembicaraan luas dengan para pemimpin Israel dan Palestina, dan dijadwalkan untuk bepergian ke Amman, Jordan pada akhir Rabu untuk bertemu dengan raja Yordania dan pejabat lainnya.

Dia telah berjanji akan menggalang dukungan internasional untuk membangun kembali kehancuran di Gaza yang keras, sementara juga berjanji untuk memastikan bahwa tidak ada bantuan yang ditujukan untuk wilayah tersebut mencapai Hamas.

Menjelang keberangkatannya, Blinken memperpanjang undangan Presiden AS Joe Biden kepada Presiden Israel Reuven Rivlin untuk mengunjungi AS dalam beberapa minggu mendatang. Rivlin diterima, menurut pernyataan dari kantornya.

Blinken menggambarkan Mesir dan Yordania sebagai pemain pusat dalam mencoba membawa tenang ke wilayah tersebut. Kedua negara adalah sekutu utama AS yang memiliki perjanjian damai dengan Israel dan sering berfungsi sebagai mediator antara Israel dan Palestina.

"Mesir memainkan peran penting dalam membantu menengahi gencatan senjata dan Jordan telah lama menjadi suara untuk perdamaian dan stabilitas di wilayah ini," katanya kepada wartawan Selasa malam.

Di Mesir, yang berbatasan dengan Israel dan Gaza, ia dijadwalkan bertemu dengan Presiden Abdel Fattah El-Sisi dan pejabat top lainnya.

Biden berbicara dengan El-Sisi selama perang untuk membantu broker gencatan senjata.

Blinken menetapkan tujuan sederhana untuk perjalanan, kunjungan resmi pertamanya ke Timur Tengah sebagai Sekretaris Negara. Selama pembicaraan dengan para pemimpin Israel dan Palestina pada Selasa, ia memperjelas bahwa AS tidak memiliki rencana segera untuk mengejar pembicaraan damai antara sisi, mungkin karena upaya sebelumnya oleh administrasi masa lalu semuanya gagal.

Sebaliknya, ia menyatakan harapan untuk menciptakan "lingkungan yang lebih baik" yang mungkin menyebabkan pembicaraan damai.

Itu bisa dimulai dengan upaya rekonstruksi Gaza. Perang 11 hari menewaskan lebih dari 250 orang, kebanyakan warga Palestina, dan menyebabkan kehancuran berat di wilayah pesisir yang miskin. Perkiraan pendahuluan telah menempatkan kerusakan pada ratusan juta dolar

KEYWORD :

Antony Blinken Amerika Serikat Hamas Israel




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :