Sabtu, 27/04/2024 09:07 WIB

Ditemui Menlu AS, Israel Ancam Hamas

AS mendukung penuh Israel melawan serangan Hamas dan mengatakan akan mencegah milisi mendapatkan keuntungan dari dana rekonstruksi Gaza.

Asap dan api membumbung setelah pesawat tempur Israel melakukan serangan udara di Kota Gaza, Gaza pada 11 Mei 2021 [Ashraf Amra / Anadolu Agency]

Yerusalem, Jurnas.com - Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS), Antony Blinken memulai kunjungan Timur Tengah di Israel pada Selasa (25/5) berharap meningkatkan gencatan senjata dengan militan Hamas yang berkuasa di Gaza dan membantu mempercepat bantuan kemanusiaan ke daerah kantong Palestina yang hancur.

Disadur dari Arab News, setelah pertemuan dengan Blinken, Perdana Menteri Israel, Benjamin Netanyahu mengatakanmenghargai dukungan militer AS untuk Israel.

Ia juga memperingatkan bahwa tanggapan Israel akan sangat kuat jika Hamas melanggar gencatan senjata dan mengatakan dia berdiskusi dengan Blinken bagaimana meningkatkan kondisi kemanusiaan di Gaza.

Netanyahu mengomentari Iran, mengatakan Israel akan selalu memiliki hak untuk membela diri terhadap Iran dan berharap Washington tidak akan kembali ke perjanjian nuklir dengan Iran.

Sementara itu, Blinken mengatakan AS mendukung penuh Israel melawan serangan Hamas dan mengatakan akan mencegah milisi mendapatkan keuntungan dari dana rekonstruksi Gaza.

Blinken juga mengatakan tugasnya di kawasan itu untuk mengurangi ketegangan.

Bersamaan dengan misi Blinken, otoritas Israel mengatakan mereka mengizinkan bahan bakar, obat-obatan, dan makanan yang dialokasikan untuk sektor swasta Gaza memasuki wilayah itu untuk pertama kalinya sejak 11 hari permusuhan lintas batas dimulai pada 10 Mei.

Blinken juga akan mengunjungi Ramallah di Tepi Barat yang diduduki, Kairo dan Amman, dengan AS menyimpan "setiap harapan dan harapan" gencatan senjata akan terus berlanjut, kata seorang pejabat senior Departemen Luar Negeri.

"Fokus utama kami adalah mempertahankan gencatan senjata, mendapatkan bantuan kepada orang-orang yang membutuhkannya," kata pejabat itu, yang berbicara pada hari Senin tanpa menyebut nama. Mesir menengahi gencatan senjata, berkoordinasi dengan Amerika Serikat.

Tetapi pejabat itu mengatakan masih terlalu dini untuk pembicaraan damai yang lebih luas antara Israel, dalam perubahan politik setelah empat pemilihan umum yang tidak meyakinkan dalam dua tahun, dan Palestina, yang terpecah oleh permusuhan antara Hamas dan Presiden Mahmoud Abbas yang didukung Barat.

KEYWORD :

Israel Militan Hamas Amerika Serikat Antony Blinken Timur Tengah




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :