Kamis, 02/05/2024 19:44 WIB

Pemilu AS

Elektabilitas Hillary Clinton Menurun

Untuk pertama kalinya, sejak Mei 2016, Donald Trump kembali memenangkan polling atas rivalnya, Hillary Clinton, yang baru-baru ini tersangkut skandal atas email pribadinya.

Donald Trump (Foto: Telegraph)

Amerika - Untuk pertama kalinya, sejak Mei 2016, Donald Trump kembali memenangkan polling atas rivalnya, Hillary Clinton, yang baru-baru ini tersangkut skandal atas email pribadinya. Dalam sebuah jajak pendapat yang digelar oleh Washington Post, Donald Trump memimpin 1 poin di depan Hillary.

Dikutip dari Telegraph, Selasa (1/11), statistik menyatakan bahwa Trump 46 persen lebih unggul dibandingkan lawannya yang hanya meraih 45 persen suara.

Menurunnya elektabilitas Hillary merupakan imbas dari pernyataan Direktur FBI, James Comey pada Jumat (28/10) lalu, bahwa terdapat serentetan email pribadi Hillary Clinton yang bermasalah dengan hukum. Berdasarkan investigasi FBI, email tersebut kemungkinan besar digunakan oleh calon presiden dari Partai Demokrat itu sejak menjabat menjadi Menteri Luar Negeri AS.

Dalam polling lainnya yang dirilis hari ini, Clinton juga mengalami penurunan, yakni hanya terpaut 6 poin di atas Donald Trump. Polling tersebut diketahui diambil sejak 24 hingga 30 Oktober. Artinya, sebagian besar suara diambil sebelum adanya pernyataan dari James Comey.

 

KEYWORD :

Pemilu AS Hillary Clinton Donald Trump Skandal Email Hillary




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :