Jum'at, 26/04/2024 20:18 WIB

SRG Beroperasi, Wamendag Minta Harga Bawang Merah Lebih Terjangkau

Wakil Menteri Perdagangan (Wamendag) berharap harga bawang merah lebih terjangkau, pasca beroperasinya gudang Sistem Resi Gudang (SRG) bawang merah di Brebes, Jawa Tengah beberapa waktu lalu.

Wakil Menteri Perdagangan (Wamendag) Jerry Sambuaga (Foto: Ist)

Jakarta, Jurnas.com - Wakil Menteri Perdagangan (Wamendag) berharap harga bawang merah lebih terjangkau, pasca beroperasinya gudang Sistem Resi Gudang (SRG) bawang merah di Brebes, Jawa Tengah beberapa waktu lalu.

"Harus terjamin ketersediaan, terjangkau harganya dan menguntungkan semua pihak yang terlibat," ujar Jerry menjawab pertanyaan awak media pada Rabu (24/3).

Disaksikan langsung oleh Bupati Brebes, Idza Priyanti, gudang SRG bawang merah dilengkapi dengan teknologi Controlled Atmosphere System (CAS). Dengan teknologi itu, bawang merah bisa disimpan sampai dengan enam bulan dengan penurunan mutu yang sangat minimal.

Dengan kemampuan itu, diyakini perdagangan bawang merah bisa dikendalikan sedemikian rupa sehingga harganya tidak fluktuatif. Pasalnya ketika harga fluktuatif akan memancing spekulan dan berdampak merugikan dalam jangka panjang.

Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi dalam kesempatan lain menilai bahwa perlu upaya terus menerus, agar sistem SRG ini bisa dikembangkan. Setelah bawang merah, ia ingin SRG bisa mencakup komoditas lain.

Beras, cabai, dan kedelai ke depan akan menjadi fokus. Saat ini harga beras relatif stabil harganya didukung oleh sistem produksi dan pengaturan perdagangan yang makin baik. Ke depan, Kemendag berharap komoditas-komoditas lain juga bisa distabilkan dengan perbaikan di sektor hulu dan hilir.

Menurut Wamendag Jerry Sambuaga, pihaknya mendukung peningkatan produksi yang dilakukan oleh Kementerian terkait. Kemendag berfungsi untuk mendukung ketersediaan bahan dan modal produksi serta pemasaran hasil produksi bahan-bahan pokok dan penting. Dia ingin agar semua proses produksi terintegrasi dengan perdagangan sehingga tercipta ekosistem yang menguntungkan dan berkelanjutan.

Kembali pada bawang merah, Brebes adalah pemasok utama bawang merah yaitu mencapai 85 persen dari konsumsi nasional. Ada beberapa sentra produksi lain di Indonesia seperti dari Sumbawa dan beberapa daerah lainnya.

KEYWORD :

Wakil Menteri Perdagangan Jerry Sambuaga Bawang Merah Sistem Resi Gudang Brebes




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :