Jum'at, 26/04/2024 20:25 WIB

Kanada tetap Rekomendasikan Vaksin COVID-19 AstraZeneca

AS mengatakan sedang berbagi 1,5 juta dosis vaksin AstraZeneca dengan Kanada pada awal minggu ini.

Vaksin Covid-19 AstraZeneca (Foto: Reuters)

Ottawa, Jurnas.com - Kanada mengatakan vaksin COVID-19 AstraZeneca aman dan akan terus direkomendasikan untuk digunakan meskipun ada kritik dari pejabat kesehatan Amerika Serikat (AS) atas analisis pembuat obat prihal kemanjuran vaksin tersebut.

"Pesannya adalah kemanjuran dan keamanan vaksin telah ditunjukkan," kata pejabat senior Kesehatan Kanada, Marc Berthiaume kepada wartawan pada Selasa (23/3). "Ini terus bermanfaat bagi warga Kanada untuk mencegah COVID-19."

Pengiriman vaksin virus corona meningkat di Kanada, dengan sekitar 2 juta dosis vaksin Pfizer Inc dan Moderna Inc datang minggu ini. AS mengatakan sedang berbagi 1,5 juta dosis vaksin AstraZeneca dengan Kanada pada awal minggu ini.

Institut Nasional AS untuk Alergi dan Penyakit Menular mengatakan pada Senin bahwa dewan yang bertugas memastikan keakuratan uji coba terbaru AstraZeneca mengatakan perusahaan mungkin telah memberikan pandangan yang tidak lengkap tentang keefektifan vaksin tersebut. Perusahaan sejak itu mengatakan akan mempublikasikan hasil terbaru dari uji coba terbaru dalam waktu 48 jam.

"Kami akan melihat paket data lengkap (dari AS) sekitar bulan April, dan akan menilai serta mengkomunikasikan hasilnya," kata Supriya Sharma, kepala penasihat medis di Health Canada, kementerian kesehatan federal. "Intinya adalah: itu tidak mengubah rekomendasi tentang vaksin AstraZeneca saat ini."

Akan ada penundaan satu atau dua hari pengiriman vaksin Moderna minggu ini, Kepala Petugas Medis Kesehatan Alberta mengatakan di Twitter pada hari Selasa, menambahkan bahwa pemesanan untuk suntikan tidak akan terpengaruh.

Pada Selasa, Kanada JUGA mengatakan akan memberikan C $ 23,7 juta (US $ 18,9 juta) ke provinsi Ontario untuk membuka lebih banyak situs isolasi sukarela bagi mereka yang tertular virus dan membutuhkan tempat karantina saat kasus melonjak selama gelombang ketiga.

Kanada telah mencatat sekitar 940.000 infeksi virus dan lebih dari 22.700 kematian akibat COVID-19. (Reuters)

KEYWORD :

Vaksin COVID-19 Amerika Serikat Kanada AstraZeneca




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :