Senin, 29/04/2024 05:16 WIB

Lihat Museum Olahraga, Ini Kesan Presiden Tafisa

Delegasi negara-negara peserta TAFISA Games 2016 antusias dan kagum saat mengunjungi Museum Olahraga Nasional.

Logo Kemenpora

Jakarta - Delegasi negara-negara peserta TAFISA Games 2016 antusias dan kagum saat mengunjungi Museum Olahraga Nasional yang terletak di Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta, Selasa (11/10).

Presiden TAFISA, Ju-ho Chong yang langsung memimpin delegasi mengaku senang dan terkesan dengan apresiasi yang diberikan pemerintah Indonesia kepada insan olahraga dengan adanya Museum Olahraga.

"Saya sangat terkesan dengan museum olahraga Indonesia. Tak hanya olahraga prestasi tapi olahraga tradisional juga dipamerkan di museum ini," kata pria asal Korea itu, di Museum Olahraga TMII Jakarta, Selasa (11/10).

Chong mengatakan, pemerintah Indonesia sangat menghargai olahraga tradisional dan rekreasi, sedangkan di negaranya, hanya memasukan cabang olahraga prestasi di museum olahraga. "Ini penghargaan pemerintah kepada atlet. Ini luar biasa," lanjutnya.

Deputi III Bidang Pembudayaan Olahraga Kemenpora, Raden Isnanta mengapresiasi kunjungan para peserta TAFISA Games 2016 di Museum Olahraga Nasional yang dikelola oleh Kemenpora. Menurutnya, kehadiran peserta olimpiade-nya olahraga tradisonal dan rekreasi ke Museum Olahraga itu dapat mengenalkan Indonesia ke mancanegara.

"Kehadiran para delegasi ini sekaligus mempromosikan Indonesia secara luas  ke mancanegara, jadi mereka tak hanya Bali saja tahunya," ujarnya.

Isnanta menambahkan, melalui museum olahraga ini, tamu asing yang hadir akan tahu lebih banyak tentang kekayaan Indonesia. "Khusunya olahraga tradisional dan salah satu sarananya adalah melalui event TAFISA Games," katanya.

"Museum ini memajang hampir semua cabang olahraga tradisional asli Indonesia. Kalau yang dipertandingkan di TAFISA itu hanya sebagian kecil saja," jelasnya. "Minimal dengan hadir di museum ini semua delegasi akan tahu ternyata Indonesia itu kaya. Masih banyak lagi olahraga tradisional yang kita punyai," katanya lagi.

Sementara itu, Kepala Museum Olahraga Nasional, Herman Chaniago menyatakan bangga dengan  kehadiran perwakilan delegasi TAFISA Games yang terdiri dari 87 negara yang menyaksikan jejak-jejak pahlawan olahraga Indonesia. " Melalui museum ini kami ingin melestarikan sejarah dan perjuangan olahraga Indonesia kepada anak anak cucu kita," kata dia.

"Museum juga akan menjadi jendela informasi, wahana edukasi dan komunikasi bagi penerus bangsa yang  akan melestarikan sejarah dan perjuangan olahraga Indonesia kepada anak cucu.

Selain mengunjungi museum olahraga, 500 orang delegasi TAFISA juga mengunjungi anjungan Sumatera Utara, Sulawesi Selatan dan Museum Indonesia dan berakhir dengan nonton bareng film Indonesia Indah di keong emas. Gelaran TAFISA Games 2016 ajang Olahraga Rekreasi dan Tradisional akan ditutup secara resmi pada Selasa 11 Oktober malam di pelataran Pantai ABC Ancol Jakarta Utara.

KEYWORD :

TAFISA 2016 Museum Olahraga Nasional




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :