Jum'at, 26/04/2024 12:09 WIB

BKSAP Dorong Keterlibatan Parlemen Dunia Capai SDGs di Tengah Pandemi

Virus Covid-19 yang oleh WHO ditetapkan sebagai pandemi global dalam rentang satu tahun terakhir telah menginfeksi lebih dari 56 juta jiwa di seluruh belahan dunia.

Wakil Ketua BKSAP DPR, Charles Honoris

Jakarta, Jurnas.com - Virus Covid-19 yang oleh WHO ditetapkan sebagai pandemi global dalam rentang satu tahun terakhir telah menginfeksi lebih dari 56 juta jiwa di seluruh belahan dunia. Pandemi ini telah bertransformasi dari sekedar masalah kesehatan, menjadi masalah ekonomi dan sosial. Hal itu memperbesar tantangan mencapai Sustainable Development Goals (SDGs) atau Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB) di tahun 2030.

Hal itu disampaikan Wakil Ketua BKSAP Charles Honoris dalam Information Webinar bertajuk “Challenges and Opportunities for Achieving SDGs in the Middle of Pandemic” yang diselenggarakan Badan Kerja Sama Antar Parlemen (BKSAP) bekerja sama dengan Inter-Parliamentary Union (IPU), Kamis (19/11).

"Saat ini bukanlah waktu untuk memilih antara memprioritaskan penanganan Covid-19 atau tercapainya TPB. Kedua hal tersebut harus bersama-sama menjadi fokus utama dalam kerangka kebijakan menuju pembangunan berkelanjutan yang inklusif. Melalui kerja sama antara semua pihak, kita akan bersama-sama membangun dunia yang lebih tangguh," ungkap politisi PDI Perjuangan tersebut.

Charles menyakini di tengah pandemi, dapat dipastikan bahwa semua TPB terdampak, sehingga diperlukan upaya koordinatif dan integratif untuk memastikan terwujudnya pencapaian TPB di tahun 2030.

“IPU sebagai organisasi antarparlemen dunia yang berkomitmen mendukung pencapaian TPB melalui peran parlemen dan kewenangan yang dimiliki anggotanya, mendorong agar negara-negara anggota dapat menginstitusionalkan TPB dan mengarustamakannya ke dalam Program Legislasi Nasional (Prolegnas)," terangnya.

Webinar dihadiri juga Anggota BKSAP Irine Yusiana Roba, Anggota BKSAP Luluk Nur Hamidah dan Sekretaris Jenderal IPU Martin Chungong dilanjutkan dengan diskusi panel  yang disampaikan oleh Direktur Pembangunan, Ekonomi dan Lingkungan Hidup Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia Agustaviano Sofjan, UNDP Indonesia SDGs Advisor Juliaty Ansye Sopacu, dan pihak terkait lainnya.

Webinar diselenggarakan untuk meneguhkan kembali komitmen parlemen untuk mencapai target pembangunan, utamanya dalam kerangka peningkatan pengetahuan dan kesadaran parlemen terkait kewenangan yang dimiliki dalam mendukung tercapainya TPB di tengah situasi pandemi Covid-19.

Dalam acara ini juga disampaikan bahwa DPR RI akan menjadi tuan rumah Global Parliamentary Meeting on Achieving the SDGs di tahun 2021, yakni pertemuan parlemen dunia yang akan membahas TPB, yang merupakan kerja sama antara DPR RI dan IPU. Selain itu, DPR RI juga akan melakukan SDGs self-assessment di tahun 2021 untuk mengidentifikasi dan mengevaluasi pencapaian TPB di Indonesia.

KEYWORD :

BKSAP DPR Parlemen Dunia Pandemi Covid-19




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :