Sabtu, 27/04/2024 04:07 WIB

Menristek: Laboratorium SNSU Genjot Kualitas Produk Inovasi

Hal ini disampaikan Menristek dalam peresmian gedung Laboratorium SNSU di kawasan Puspiptek, Serpong, Tangerang Selatan pada Rabu (4/11), dalam rangka pembukaan peringatan Bulan Mutu Nasional 2020.

Menteri Riset dan Teknologi/Kepala BRIN Bambang Brodjonegoro (Foto: Ist)

Jakarta, Jurnas.com - Menteri Riset dan Teknologi/ Kepala Badan Riset Inovasi Nasional (Menristek/ Kepala BRIN) Bambang PS Brodjonegoro menyebut Laboratoriun Standar Nasional Satuan Ukuran (SNSU) dapat meningkatkan kualitas produk inovasi.

Hal ini disampaikan Menristek dalam peresmian gedung Laboratorium SNSU di kawasan Puspiptek, Serpong, Tangerang Selatan pada Rabu (4/11), dalam rangka pembukaan peringatan Bulan Mutu Nasional 2020.

"Keberadaan Laboratorium Standar Nasional Satuan Ukuran (SNSU) yang baru saja kita resmikan, akan melengkapi keberadaan Laboratorium Acuan Pengukuran yang sudah ada, dan memperkuat ketelusuran pengukuran kita terhadap satuan internasional," terang Menristek.

"Hal ini akan memperkuat dukungan terhadap penanganan Covid-19, secara bersamaan berkontribusi meningkatkan kualitas produk inovasi kita," sambung dia.

Bambang menyampaikan, selama pandemi Covid-19 telah banyak inovasi karya anak negeri, baik inovasi untuk menanggulangi pandemi maupun inovasi yang memudahkan masyarakat melakukan kegiatan selama pandemi.

"Inovasi tersebut tentu harus melalui standardisasi dan penilaian agar masyarakat terjamin dan percaya. Peran BSN (Badan Standardisasi Nasional) sangat penting, BSN diharapkan menjadi salah satu elemen strategis membantu mengurangi dampak buruk penyebaran Covid-19," jelas dia.

Sementara itu, Kepala BSN Kukuh S Achmad, pada kesempatan yang sama menambahkan, Laboratorium SNSU memiliki peran strategis sebagai acuan nasional dalam kegiatan kalibrasi yang dilakukan oleh laboratorium-laboratorium kalibrasi yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia yang saat ini berjumlah 370 laboratorium kalibrasi terakreditasi.

"Pengelolaan SNSU dilakukan dengan menerapkan dan mengacu kepada persyaratan-persyaratan yang berlaku secara internasional agar hasil dari pengukuran dan kalibrasi yang dilakukan dapat diakui secara internasional melalui perjanjian saling pengakuan yang difasilitasi oleh organisasi metrologi internasional yaitu Bureau International de Poids et Mesures (BIPM) atau Biro Internasional untuk ukuran dan timbangan," kata Kukuh.

Keberadaan laboratorium SNSU akan meningkatkan kualitas ketertelusuran hasil pengukuran khususnya di bidang kimia dan biologi serta sektor kesehatan, yang selama ini masih tergantung kepada negara lain.

Saat ini, pengelolaan SNSU di Indonesia telah mendapatkan pengakuan internasional untuk 140 kemampuan pengukuran dan kalibrasi yang meliputi tujuh bidang pengukuran dan kalibrasi panjang, massa, kelistrikan dan waktu, suhu, fotometri dan radiometri, akustik dan vibrasi, serta kimia.

KEYWORD :

Laboratorium SNSU Menristek Bambang Brodjonegoro




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :