Jum'at, 26/04/2024 10:47 WIB

PM Jepang Shinzo Abe Kembali Masuk Rumah Sakit, Ada Apa?

Pekan lalu Abe yang mendadak mendatangi rumah sakit sehingga memicu spekulasi di media lokal tentang kesehatannya.

Sebuah iring-iringan mobil yang membawa Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe terlihat memasuki rumah sakit Tokyo pada Senin 24 Agustus 2020. (Dai Kurokawa / EPA)

Tokyo, Jurnas.com - Sebuah iring-iringan mobil yang membawa Perdana Menteri Jepang, Shinzo Abe terlihat memasuki rumah sakit Tokyo pada Senin (24/8). Hal itu memicu kembali kehawatiran publik atas kesehatan perdana menteri terlama Jepang tersebut.

Mengutip beberapa sumber pemerintah dan koalisi, media setempat menyebutkan Abe akan menerima hasil pemeriksaan kesehatan sejak sepekan lalu, saat menjalani pemeriksaan selama tujuh setengah jam.

"Kali ini untuk mendengarkan hasil pemeriksaan medis," kata seorang pejabat pemerintah yang tidak ingin disebutkan namanya kepada surat kabar Yomiuri.

Abe, yang sudah menjadi perdana menteri terlama di negara itu, ditetapkan untuk melampaui rekor setengah abad yang dibuat paman buyutnya, Eisaku Sato untuk masa jabatan terlama berturut-turut sebagai perdana menteri pada Senin.

Abe pernah mengundurkan diri karena menderita kolitis ulserativa (perdangan usus) yang kronis pada 2007. Kemudian, pada 2013, ia kembali berkuasa dan kembali menjabat sebagai perdana menteri Jepang.

Pekan lalu Abe yang mendadak mendatangi rumah sakit sehingga memicu spekulasi di media lokal tentang kesehatannya. Majalah mingguan Flash mengatakan Abe muntah darah di kantornya pada 6 Juli. Reuters tidak dapat memverifikasi laporan tersebut, yang dibantah pejabat pemerintah.

Kantor perdana menteri tidak memberikan penjelasan rinci tentang kunjungannya ke rumah sakit minggu lalu, tetapi Menteri Kesehatan Katsunobu Kato, seorang pembantu dekatnya, mengatakan kunjungan itu adalah pemeriksaan rutin dansama sekali tidak mengkhawatirkan kesehatan Abe.

Abe mendapatkan pemeriksaan rutin dua kali setahun, dengan pemeriksaan terakhir pada 13 Juni, kata kantor berita Kyodo, menambahkan bahwa kunjungan minggu lalu adalah tindak lanjut dari pemeriksaan bulan Juni, mengutip sumber rumah sakit.

Akira Amari, orang kepercayaan Abe lainnya dan ketua panel pajak Partai Demokrat Liberal, mengatakan bahwa Abe, 65, mungkin menderita kelelahan karena pekerjaannya yang terus menerus untuk mengatasi virus tersebut. (Aljazeera)

KEYWORD :

Menteri Jepang Shinzo Abe Masuk Rumah Sakit Muntah Darah




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :