Rabu, 15/05/2024 12:16 WIB

Dibikin Kesal Eropa, Iran Bentuk Blok Ekspor Safron

Iran adalah produsen kunyit teratas dunia, dengan output terus tumbuh di masa lalu, terutama karena uang negara nasional jatuh terhadap mata uang keras tahun lalu saat Amerika Serikat (AS) memberlakukan sanksi pada negara tersebut.

Seorang petani memeriksa bunga safron di sebuah pertanian di Torbat Heydariyah, di Iran timur (Foto: ILNA)

Teheran, Jurnas.com - Eksportir safron Iran sedang membentuk blok internasional negara-negara yang terlibat dalam perdagangan emas merah karena dibuat jengkel dengan monopoli Eropa atas proses benchmarking dan standardisasi yang ada di lapangan.

Penanam dan eksportir safron, Organisasi Negara-Negara Pengekspor Saffron (OSEC) akan meningkatkan perdagangan safron global dan membantu negara-negara seperti Iran memiliki bagian yang lebih baik dari bisnis multi-miliar dolar.

"Negara-negara Eropa tidak mengakui standar safron Iran. Namun, tingkat nyata dari safron Iran akan segera didirikan di pasar internasional melalui pembentukan blok global OSEC," kata Seyyed Ehsan Mostafavi kepada IRNA.

Iran adalah produsen safron teratas dunia, dengan output terus tumbuh di masa lalu, terutama karena uang negara nasional jatuh terhadap mata uang keras tahun lalu saat Amerika Serikat (AS) memberlakukan sanksi pada negara tersebut.

Namun, sanksi AS dan masalah lain mendorong ekspor kembali safron Iran melalui Afghanistan yang berdekatan sementara ekspor langsung dari Iran menghadapi berbagai masalah, termasuk masalah kualitas.

Mostafavi mengatakan importir dari Eropa, termasuk laboratorium di Belgia "keliru" mengidentifikasi safron yang diproduksi di Afghanistan sebagai patokan bagi importir.

Ia mengatakan, penciptaan OSEC akan memperbaiki kesalahan saat ini dalam proses standardisasi dan akan membantu negara-negara lain yang terlibat dalam perdagangan safron memiliki bagian yang lebih baik dari perdagangan global emas merah.

Pengusaha itu mengklaim bahwa OSEC dapat membantu Iran meningkatkan bagiannya dari perdagangan safron global senilai USD8 miliar hingga 10 kali lipat untuk mencapai hampir USD4,5 miliar per tahun.

Mostafavi mengatakan substruktur utama untuk membantu OSEC berhasil adalah mendirikan aglomerat industri dan layanan yang terkait dengan lapangan di kota Torbat Heydariyeh, yang terletak di Iran timur, yang dikenal sebagai ibu kota perkebunan safron dunia.

Ia mengatakan kementerian pertanian Iran sudah menyatakan dukungannya untuk gagasan OSEC. Bahkan, sejumalah pejabat Iran yang terkait sudah diberikan pengarahan tentang masalah ini.

KEYWORD :

Blok Ekspor Safron Standar Safron Iran Seyyed Ehsan Mostafavi




JURNAS VIDEO :



PILIHAN REDAKSI :