Rabu, 15/05/2024 18:32 WIB

Industri Pupuk di KPB Batu Betumpang mampu Produksi 3 Ton Perhari

Sebagai langkah memaksimalkan produk unggulan pedesaan (Prukades) Tanaman Padi di KPB Batu Betumpang, Kabupaten Bangka Selatan

Sebagai langkah memaksimalkan produk unggulan pedesaan (Prukades) Tanaman Padi di KPB Batu Betumpang, Kabupaten Bangka Selatan

Jakarta, Jurnas.com - Sebagai langkah memaksimalkan produk unggulan pedesaan (Prukades) Tanaman Padi di KPB Batu Betumpang, Kabupaten Bangka Selatan. Direktorat Jenderal Pengembangan Kawasan Transmigrasi (PKTrans) berkolaborasi dengan masyarakat dan Tim KKN PPM Universitas Gadjah Mada untuk membangun Instalasi Pupuk Organik Granula (IPOG),

Terbentuknya IPOG di KPB Batu Betumpang diklaim menjadi salah satu cara untuk mengurangi emisi gas rumah kaca merupakan dengan mengolah kotoran sapi menjadi pupuk organik atau kompos. Selain itu, melimpahnya bahan baku material, seperti kotoran sapi dari warga sekitar yang berjumlah 572 ekor dan ditambah sisa-sisa tanaman di sekitar kawasan mampu menghasilkan pupuk sebanyak tiga ton perhari.

Dengan permodalan sekitar Rp 36 juta, yang diperoleh dari Ditjen PKTrans kini pengelolaan IPOG yang diketuai Gunawan telah berjalan selama satu tahun terakhir. Bahkan, jika dalam waktu dekat dinilai mampu membawa dampak yang baik, rencananya IPOG tersebut akan dijadikan percontohan bagi KPB lain.

Gunawan juga menjelaskan terkait alur proses dimulai dari limbah digiling menggunakan mesin pemecah APPO atau mesin penumbuk, selanjutnya diaduk menggunakan mesin mixer. Setelah itu sebelum memasuki tahap permentasi selama 7 hingga 14 hari terlebih dahulu diberikan mikroba.

Sedangkan mesin pengayak akan menghasilkan pupuk tabur yang selanjutnya diolah melalui mesin granula, mesin pengering dan mesin pengaduk hingga akhirnya pupuk siap dikemas dan didistribusikan.
"Dari hasil pengayakan terdapat hasil limbah dan bubuk. Dari limbah kami berikan kewarga sekitar untuk tanaman dilahan pemukiman." Jelasnya.

KEYWORD :

Kinerja Menteri Desa




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :